HEADLINE NEWS

Iklan

Ryan Jambrong Konten Kreator Tanah Liat yang Bikin Dunia Terkagum

 

Sumber gambar dari video yuotube jambrong99

Bidikdotcom - Konten kreator asal desa Baros Kota Sukabumi Jawa Barat membuat mata dunia terbelalak melihat hasil karya lukisan yang berbahan dasar tanah liat.


Ryan Jambrong seorang pelukis sederhana sekaligus pembuat konten-konten tutorial seni kreatif  mendadak viral pada Agustus 2021 lalu lewat karya-karyanya.


Apa yang di kerjakan pria berambut gondrong ini benar-benar unik dan baru pertama kali di Indonesia seni kreatif tanah liat  dibuat di lokasi pekerjaan dan tidak bisa diangkat atau diletakan di tempat-tempat pameran.


Konten yang  di lukisnya bermacam-macam mulai dari jenis binatang hingga aksesoris, tetapi yang sangat mengesankan adalah lukisan ular piton, buaya, iguana dan belut yang benar-benar sebuah replika terukur dari binatang tersebut.


Seperti contoh gambar diatas adalah replika ular piton di dalam semak-semak.


Hanya saja konten ini secara ekonomis hanya bisa di hasilkan dari visual saja yakni dari unggahan lewat media sosial baik Facebook atau Youtube.


Alasannya karena wadah lukisan menyatu dengan tanah disekitar  sehingga hanya bisa di lihat saja dan tidak bisa di jual secara fisik.


Hanya saja kekurangan dari seni lukis ini sewaktu-waktu bisa rusak sesaat seperti kena hujan, atau air sungai yang deras.


Tetapi Ryan tidak berhenti sampai di konten dengan menggunakan wadah tanah saja, ia juga menggunakan limbah bambu untuk membuat berbagai aksesoris atau hiasan rumah tangga seperti gantungan kunci, asbak dengan kepala ular kobra dan hiasan lainnya.


Sebab melihat salah satu postingan dari akun facebook Jamborng 99 dimana memperlihatkan lukisan buaya yang belum selesai dibuat tetapi di guyur hujan dan bagian tepi sungai yang menjadi dudukan kepala buaya hanyut terbawa air.


Tetapi cara melukis sang kreator banyak diberi apresiasi oleh masyarakat Indonesia termasuk menjadi tayangan spesial di beberapa stasiun televisi nasional.


Tidak hanya itu konten lukisan Ryan juga menarik perhatian warga mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Philipina, Australia dan China hingga tidak heran menjadi top trending di Youtube dengan mencapai 10 juta tayangan dalam durasi waktu 3 minggu selama bulan Agustus 2021.


Ryan tidak bekerja sendiri ia dibantu 3 orang temannya untuk menyukseskan pekerjaannya.


Anda dapat mengunjungi Youtube Jambrong 99 untuk melihat berbagai koleksi lukisan tanah liat yang ia tiru menyerupai beberapa binatang yang tinggal di Indonesia.


Bagi mereka memiliki talenta seperti Ryan ternyata media apapun bisa di pakai asal punya niat dan kemauan keras, inilah kemudian di praktekan oleh para seniawan yang bergabung dalam Jombrang 99.


Kiranya konten-konten yang di ciptakan Ryan menginspirasi kaum milenial untuk menciptakan karya dan ide yang tidak hanya sebatas gagasan tetapi mampu mengeksekusi meski dunia masih ada di tengah pandemi.


deny/BDC


Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara, Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan terima kasih sudah berkunjung, Sukses selalu dan tetap Sehat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *