Notification

×

Iklan

Iklan

Kriteria Kelayakan Blog Buat Google Adsense, 3 Hari Pasti di Approve

Selasa, 03 November 2020 | 22.04 WITA Last Updated 2021-09-28T15:21:28Z

 

Gambar ilustrasi kriteria blog editing bidikdot sumber pixabay


Bidikdotcom Para pegiat dunia internet lagi ngehits membangun blog atau wordpress dalam memakai waktu luang yang cukup banyak. apakah ini menjadi hobi baru dimasa pandemi karena diharuskan Pemerintah tetap dirumah atau alasan lain, mereka menjalaninya saja menjawabnya. 


Dari aktivitas ini pula kaum milenial lebih mendominasi tetapi juga ada publik umum maupun mereka yang profesional di bidang  digital market juga ambil bagian  ngeblog tersebut.


Menjadi seorang  blogger profesional memang gampang-gampang susah karena menuntut konsistensi diri, waktu, tenaga dan uang untuk di korbankan demi sukses kemudian hari


Banyak orang terlintas dalam pikiran mereka "ah ngeblog kan gak banyak aturannya hanya posting tulisan atau gambar dan video udah selesai". anggapan ini ada benarnya juga tetapi bagi mereka yang tidak punya target dan penuh pesimistis


Baca Juga : Cara Membuat Artikel Blog Ada Di Halaman Depan Google 


Tapi bagi mereka punya target dan ingin menghasilkan pundi-pundi rupiah harus menjadi blogger yang tidak asal-asalan (abal-abal) perlu tipikal profesional mendapatkan seperti dialami para blogger sukses bisa saya sebutkan Mas Sugeng, Bung Frangki, Raditya Dika.


Bang Winardi (bloggoblok), Contoh Blog, Panduanim dan masih banyak lagi para master blogger sukses seperti mereka dimana hingga hari ini masih konsisten meski pendapatan blog menurun.


Membangun blog bukan hanya sekedar ikut-ikutan atau terpengaruh atas informasi dari sebuah berita hoax dimana kebenarannya tidak dapat dipertanggung jawabkan seperti "penghasilan dari web blog ini perbulannya sekian juta atau berpuluhan juta"


Setelah menerima informasi seperti ini terlintas dibenak  [iya sama mau buat blog dah] supaya seperti blogger itu dan ini. dari cara pikir seperti ini sudah ketahuan hanya ikut-ikutan.


Lantas apakah tidak boleh terinspirasi dari para blogger sukses tadi atau berita penghasilan itu dan selanjutnya membuat blog? "tentu sangat boleh sekali"


jika anda punya niat tersebut tidak ada salahnya menjadi seorang blogger asal tidak hanya ikut-ikutan setelah datang  waktu bosan akhirnya putus ditengah jalan  dan website blog anda terhenti.

Muncul Pertanyaan "terus langkah apa saja harus saya lakukan membangun blog" dan dari mana harus memulainya"?


Ini pertanyaan klasik bagi mereka pemula karena tidak ada dasar pemahaman tentang apa itu blog dan apa-apa saja penunjang membuat blog.


Jadi sebelum membuat blog memahami dulu tentang apa itu blog supaya kita tidak akan tersesat setelah membangunnya. caranya beli buku tentang bahasan blogging, browser di internet tutorial blogger, 


ikuti webbinar tentang digital market yang juga sudah banyak digratiskan di media online. atau berlangganan email dari website penyedia jasa domain dan hosting saran saya subscribe email dari Niagahoster biasanya mereka sering update bahasan seputar blogging.


Jika pemahaman anda cukup jelas tentang blog atas berbagai diskusi dan sharing diikuti, saatnya membuat blog

Membuat blog pun harus terencana mulai dari judul dan konsep blog itu seperti apa. 


kriteria blog menurut google seharusnya bagaimana pengunjung teredukasi dengan konten yang anda posting.


Sasaran utama pembuatan blog tidak untuk bertujuan menghasilkan uang saja tetapi seperti yang saya sebutkan tadi bahwa setiap visitors (pengunjung) mendapat pendidikan bermanfaat dari apa yang dibacanya lewat situs yang kita kelola


Bila tujuan blog dibuat untuk menghasilkan maka anda harus membuat blog menurut google sebagai bidikan utama penyedia layanan Google Adsense dimana zaman ini diburuh para pembuat website enta dari pribadi maupun perusahaan. 


Tetapi jika blog/situs yang anda buat sebagai bahan sharing dan curhat-curhatan tidak perlu memikirkan apa namanya iklan (ads) untuk di monetisasi.


Jadi blog dibuat menyasar produk utama google jika tujuan anda ingin mendapatkan penghasilan bukan pada kesenangan sendiri  meskipun membangun blog penuh dengan kesenangan fully enjoy.


Setelah semua telah terencana dan blog telah dibuat saatnya membangun blog.


Terus bagaimana memulai sebuah (project) pembangunan blog? 

Sehubungan dengan Tips Blogging di Terima Adsense tanpa menunggu lama, beberapa langkah sederhana dibawa ini saya bagikan bagi anda khsusus pemula


Judul Blog (niche)

Buat judul blog benar-benar dalam analisa matang sebagaimana pemahaman terbangun tadi atas sharing anda dari berbagai sumber materi. 


Tulis di buku catatan hingga 7 pilihan web blog anda. contoh (mediaku, mediabloger, blogeralan, rujukanbloger, senibloger, viabloger, tujuanbloger) dan masih banyak lagi terserah anda memilih dan menganalisanya menurut anda.


Langkah selanjutnya browser di google judul web blog yang telah ditulis tadi dan lihat mana paling populer dan banyak pencaharian, 


kemudian ukur  mana-mana saja judul blog masuk kriteria anda tetapi perhatikan dari judul blog tersebut apakah sudah ada kepemilikan atau belum jika belum itulah yang akan anda pakai dalam judul blog dimana siap anda bangun.


Ini dilakukan semacam riset ke wilayah google sehingga saat anda menggunakan judul blog tersebut maka sedikit memancing mesin pencari ini dalam sifat deteksinya ibarat ungkapan orang yang bertamu ke rumah orang lain seperti ini "eh bukannya dulu pernah kesini" he..he kira-kira seperti itu, 


saya harap anda paham maksudnya meskipun ini belum menjadi ukuran.


Mungkin ini rujukan bagaimana mencari judul tepat menurut mesin pencari google saat memulai membangun blog sebagai tujuan untuk menghasilkan.


Template.

Membangun blog untuk tujuan penghasilan salah satu penunjangnya adalah template. banyak tersedia template online baik gratisan maupun berbayar tinggal anda memilihnya mana yang terbaik menurut Google. 


sebab template tidak hanya dilihat sangat bagus dari luar saja tetapi dari dalam juga dengan struktur scrypt html yang lengkap dan telah terupdate.


Hal kedua perlu diperhatikan apakah template tersebut fast respon atau tidak dan SEO-nya memenuhi syarat google atau tidak sebab banyak juga template yang "no seo" dan "no fast respon" 


sehingga berpengaruh terhadap mesin pencari kenapa website lama terindeks mesin pencari karena ciri-cirinya seperti dalam ulasan ini.


Disini anda butuh ketelitian untuk memilih template, digratisan banyak template bagus tetapi tidak cukup bagus bagi seorang "pemula" atau yang tidak mengerti seputar "html, code scrypt" 


karena akan banyak di atur dari penempatan h1 hingga h12 dan code lain seperti di (head) dan di (body) bahkan di tata letak 


Saya lebih menyarankan pilihlah template berbayar dan anda bisa mendapatkannya di template contohblog  disana terserah anda memilih menurut judul blog yang sudah di riset tadi.


Kenapa mesti berbayar karena memang berbeda dan kita bisa lihat dengan kebutuhan kita setiap hari, atau saat melamar kerja tentu bagi pekerjaan yang kita lamar bila diterima dan setelah bekerja pasti diberi gaji, tetapi perlu di ingat proses dari pekerjaan tersebut.


Kan semua foto copy berkas harus di bayar bukan gratis makanya persyaratan diminta dari pekerjaan tersebut berbuah manis. 


Sama halnya dengan membangun blog juga butuh dana bila anda hanya mengharapkan "gratis meluluh" saya pikir tujuan anda mendapatkan penghasilan dari blog akan tersendat "so belajarlah sedikit berkorban"


Hal penting dari template berbayar adalah blog anda akan terlihat seperti website profesional dan orang akan penasaran dengan kepemilikan situs itu dan sedia untuk selalu "berkunjung" dan disinilah google akan mulai melirik anda.


Custom Domain

Kastem domain (custom domain) adalah bagian terpenting dalam project blog apalagi google, memang ada juga para blogger hingga hari ini masih memakai bawaan layanan default dari blogspot


namun saya yakin mereka adalah para master, profesional atau amatiran tetapi sarat pengalaman teknik ngeblog.


Ada layanan custom "domain gratis" tetapi apakah ini menjamin ada didalam wilayah Adsense? jawabannya bisa "iya" bisa "tidak" tetapi meski di terima GA namun trafictnya akan kalah dengan berbayar. 

Sekarang saya harus pilih yang mana donk?


Rekomendasi terpopuler hingga hari ini masih dipegang domain dotcom (.com) dan kedua adalah "dot/id". Pasar website berjuta pengguna menggunakan platform dotcom dan telah familiar dengan google. Bagi pemula disaran kan menggunakan domain berjenis ini


Kenapa? karena setelah diriset judul blog dimesin pencari google dan di padukan dengan familiarnya domain tersebut dengan google maka letak ketambahan lirikan google mulai berjalan. dan anda sudah punya modal utama. "hilangkan dulu pola pikir gratisan kalau itu menghambat tujuan anda".


Itulah 3 bagian pertama terpenting dalam menyiapkan blog menurut mesin pencari google. nanti penjelasannya pada artikel yang akan datang.


Sekarang kita akan masuk pada kriteria persyaratan kelayakan seperti apa blog kita nantinya di approve oleh Google Adsense


Ketiga hal diatas sudah sedikit mempermudah anda untuk memasuki wilayah pengiklan google hanya perlu beberapa pendukung sistematis 


berikut ulasannya:


1. Harus punya 5 serangkai: Sitemap (daftar isi), Kontak, Disclaimer, Privacy Policy dan cerita jelas dari uraian blog anda biasanya disebut About (tentang anda).


2. Konten/Artikel : Semua penulis website secara umum selalu mengemukakan bahwa artikel adalah senjata andalan untuk menundukan benteng Google Adsense. 


Jadi konten anda benar-benar berbobot buat pengunjung dan mereka merasa di edukasi atas konten tersebut. dan jangan membuat konten terlarang seperti porno grafi dan aksi.


Tulislah konten diatas 500- 1000 kata untuk mendapat tanggapan positif dari visitors yang datang melihat website anda. dan jumlah artikel tersemat di dalam blog sebanyak 150-200 artikel selama 6 bulan.


3.Breadcrumb Aktif : maksudnya adalah breadcrumb aktif sudah dibaharui ke yang baru sehingga saat pengindeksian konten tidak terjadi eror model breadcrumb seperti di tulisan begini [Home > Headline > Blog]. bagi template premium ini sudah di update.


4. Sudah Terhubung ke Google Webmaster tools (google search console).


5. Sudah memasang kode Google Analytic di blog


6. Web blog berusia 6-12 bulan


7. Seorang blogger (pemilik blog) harus diatas 18 tahun.


8. Trafict Pengunjung hingga 68%


9. Pengunjung perhari 250 hingga 500 visitors


10. Total keseluruhan pengunjung blog berjumlah diatas 5000 visitors


11. Tidak melanggar aturan dan kebijakan google


Bila semua kriteria diatas terpenuhi saatnya mendaftar ke Google Adsense. Ingat pengingkaln terbesar ini juga adalah bagian tujuan anda untuk mendapatkan penghasilan maka dengan itu sebelum mendaftar anda perlu meminta kepada yang Maha Kuasa lewat "Doa" agar maksud anda tersebut diberi kelancaran.


Saatnya mendaftar 


Pilih waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat adalah cara baru menundukan GA meskipun ini hanya pengalaman sebagian para blogger saja tetapi akan menjadi ukuran mujarab bila ini di terapkan. 


Anda perlu memantau perkembangan pengunjung website anda pada 7 hari terakhir bila rata-rata pengunjung ada diatas 250 visitors itu pertanda baik. 


Selanjutnya dihari anda mendaftar dan pengunjung tidak berubah malah semakin naik disitulah google adsense akan menggelapak-gelepak pada anda. Namun menjadi catatan bahwa usia website diatas 12 bulan adalah waktu paling "ideal" dalam mendaftarkan blog.


Kenapa demikian harus menunggu terlalu lama? padahal 3-6 bulan waktu tunggu, bisa didaftarkan blog ke pengiklan tersohor itu. 

Alasannya blog  yang dipersiapkan dengan matang hasilnya cukup memuaskan anda akan terhindar yang namanya pembatasan iklan, terhindar dari traffict belum memenuhi syarat untuk menampikan iklan walau sudah diterima adsense dan keuntungan lainnya.


Namun kesabaranlah yang akan menguji anda!!! dan biasanya blog yang di terima lebih awal oleh pengiklan sering mendapat masalah,  dalam cara penyajian iklan, masalah visitors, klik iklan dan lainnya.

Kita lanjut!!!

Selesai mendaftar anda akan mendapat email dengan respon positif.  Bila ini terjadi pada anda maka tidak perlu menunggu lama cukup tiga hari sebagaimana judul artikel ini, Google Adsense akan menandatangani persetujuannya bahwa blog anda siap ditayangkan iklan.


Yang kedua juga tanggal pendaftaran perlu di perhatikan. (ini bukan rekomendasi)


Tanggal perhitungan penghasilan Google Adsense bagi pemirsanya ada pada tanggal 20-21 tanggal ini juga sebagai evaluasi dari tim google website mana saja trafictnya menurun, 


sebab pihak google juga mendapat hasil dari traffict tayang cukup tinggi dari website pelanggannya.


Sehingga bila blog anda memiliki trafict bagus dari pengguna di dalam adsense sendiri di pastikan blog anda menjadi pertimbangan matang untuk diterima


Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Karir Seorang Blogger


Kabar baiknya bila prosedur  dalam uraian ini jalan sebagaimana mestinya maka dipastikan seminggu setelah blog anda tayang iklan anda mulai memiliki penghasilan tanpa harus menunggu sebulan meskipun hasilnya kecil tetapi akan memberi efek moral bagi pemilik blog untuk lebih semangat. 


Bagaimana tidak ingin di tolak Google Adsense mulailah berpikir rasional 


Salam Blogging/Bang Deny 


loading...

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update