Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mengelola Blog Agar Tidak Kehabisan Ide

Kamis, 18 Februari 2021 | 10:14 WIB Last Updated 2021-11-22T14:06:54Z

 

Ilustrasi gambar by pixabay

Bidikdotcom -  Kehabisan ide merupakan hal rumit sering dihadapi para blogger pemula dalam mengembangkan situs dibuatnya. kadang gagasan menulis hanya tergantung pada situasi baik atau tidak,  sehingga konsistensi dalam mengelola blog urung dilakukan karena tak pernah terlintas menghadirkan konten menarik baik bagi pengunjung nantinya akan membaca konten tersebut atau pada mesin pencari.


Meski berstatus pemula seorang blogger seharusnya telah merumuskan sejak awal sasaran-sasaran apa saja akan di kembangkan saat pembuatan blog, sehingga situs yang dikelola secara berkala mampu menembus reputasi sebagai web blog yang hadir dalam persaingan profesional.


Baca Juga : Kiat Seorang Blogger Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19


Tentu menggagas sebuah konten bisa dikatakan gampang-gampang susah sebab anda akan dihadapkan dengan pilihan menentukan keyword yang tepat, susunan kata yang halus dan enak dibaca serta gambar dan lainnya sebagai penunjang menghasilkan konten berkualitas.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia arti kata "ide" menunjuk pada arti "rancangan pengertian di dalam pikiran, gagasan, cita-cita"


Tidak ada orang yang kehabisan ide, karena mulai ia tidur, bangun, melangkah, bekerja, makan dan lain sebagainya semua dilakukan dalam alam pikir yang sadar dan ide ikut mendampingi hal-hal disebutkan tadi, dan hal ini juga relatif bisa di katakan ia tapi juga bisa tidak.


Kenapa harus kehabisan ide, karena tidak mau merubah cara pandang anda menjadi blogger profesional sebab seorang pengola blog profesional ia tidak akan kehabisan ide.


Untuk mengatasi masalah kehabisan ide tips berikut mungkin dapat membantu anda :


Rajin Menonton Berita - Mengatasi agar anda tidak akan kehabisan ide menonton berita dari televisi nasional seperti CNN Indonesia, Kompas TV, Metro TV dan televisi internasional seperti National Geographic, Life Style dan lainnya. Namun perlu di ingat jangan sekali menyajikan konten sama persis dengan apa yang diberitakan sajikan menurut gagasan anda.


Search Konten - Carilah konten refrensi di browser seperti Google dan Bing serta Yahoo untuk mendapat  ide dalam menentukan konten apa saja yang akan anda sajikan. jangan plagiat, copy paste.


Traveling - Maksud disini adalah tidak perlu tour jauh keluar daerah, isi waktu luang anda jalan-jalan disekitar kampung atau kota dimana anda tinggal sambil melihat sesuatu menghasilkan konten.


Group Facebook - Bergabunglah dengan group facebook blogger yang sejalan dengan situs anda,  disana akan banyak ide konten bisa ditemui mulai dari membagikan penglaman, pertanyaan serta saling komentar. jangan menutup diri karena alasan pemalu atau lainnya karena anda sendirilah akan susah.


Twitter - Pada kolom kanan sosial media twitter ada #hastag trending yang bisa digunakan sebagai ide membuat konten, pilih salah satu trending dari hastag tersebut dalam memulai gagasan konten, sekali lagi menurut porsi anda bukan sajian informasi trending itu.


Tidak sampai disitu anda bisa memberikan cuitan pada salah satu teman anda yang memiliki komentar diatas 500-san. Anda juga dapat baca Cara Shared Artikel Blog ke Twitter Dengan Tampilan Terbaru


Youtube - Sosial media ini menyajikan beragam jenis video anda bisa melihat jenis video seperti apa akan di tonton tentu sesuai dengan rencana penerbitan artikel nanti dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan kuota anda.


Komunikasi Keluarga - Istri dan anak atau anggota keluarga lain bisa diajak bicara mengenai apa hendak anda lakukan, bisa saja mereka memiliki konsep untuk dijadikan sebagai konten.  jangan bertumpu pada hal diluar sana sementara keluarga di dalam rumah anda abaikan.


Pengalaman keluarga dan pribadi anda akan memberikan ide konten cukup spesifikasi dari lainnya sebab itu tidak dimiliki orang lain dan bisa saja itu akan menjadi konten viral disukai para pengunjung di situs anda.


Aktif Dalam Organisasi - Keaktifan anda dalam kegiatan sosial enta itu dari lembaga keagamaan, pemerintah, profesional dan lainnya akan memberikan dampak signifikan mendantangkan materi-materi konten terhadap situs yang anda kelola.


Wisata Kuliner - Cara ini sangat muda dilakukan karena berhubungan dengan kebutuhan komsumsi setiap hari. mungkin akan ada pertanyaan berarti harus ngeluarin uang donk? 


Bila anda berkunjung ke restoran atau ditempat makan berbayar lainnya otomatis harus mengeluarkan rupiah dan ide konten mungkin ditemui sedikit berkelas dengan tidak memakai uang alias gratis.


Tetapi ada cara lain bisa dilakukan yakni tanyakan ke saudara seperti ponakan, tante orang tua anda "hari ini masak apa boleh aku datang bantu-bantu", disitu anda bisa bertanya proses menu akan dibuat hingga masak, jadinya ide konten makin bertambah.


Literasi - Dengan banyak membaca buku maupun bacaan lain akan memperbanyak perbendaharaan gagasan dalam mendapatkan konten sebab hal ini memiliki nilai plus bermutu dan membawa anda menjadi seorang blogger profesional di kemudian hari meskipun hari ini kesulitan masih melilit anda.


Setelah semua ide konten telah anda miliki saatnya menulis artikel


Buat semacam catatan dala buku harian anda, artikel berjenis apa  yang akan di terbitkan, sebab kadang saking banyaknya ide konten kebingungan memulainya dari mana, 


maka dengan itu anda perlu menyiapkan catatan dalam buku dan tulis jenis artikel yang akan anda sajikan sesuai dengan waktu maupun hari penerbitan konten.


Contohnya seperti blog ini (gado-gado)


Senin : Artikel Kesehatan


Selasa : Artikel Teknologi


Rabu : Artikel Blog


Kamis : Artikel Kuliner


Jumat : Artikel Entertaiment


Sabtu : Artikel Olahraga


Minggu : Libur


Seterusnya seperti itu, bila target anda menulis dalam seminggu 3-4 kali tetap dilakukan penjadwalan sehingga situs anda refresh terupdate sesuai kondisi diinginkan. Cara Menulis Artikel Berkualitas yang Ramah Terhadap SEO juga perlu anda perhatikan sebab ini akan mempengaruhi mesin pencari menyasar konten tersebut.


Bila ini anda lakukan secara teratur dan rutin dipastikan situs anda tidak akan terlantar karena alasan kehabisan ide malah sebaliknya akan membuat artikel anda berada di halaman depan google.


Baca Juga : 10 Cara Mumpuni Menaikan Traffic Blog Dan Bertahan di Halaman Depan Google


Beberapa hal diatas hanya sebagian kecil dari tips blogging bagaimana cara mengatasi agar seorang  blogger tidak kehabisan ide dalam mengola situsnya. akan ada banyak gagasan  konten bila anda menjadikan aktivitas blogging sebagai sarana seni menghadirkan mutu materi bagi para pembaca dan pada akhirnya usaha anda tidak sia-sia.


Semangat menulis meski di tengah pandemi - Deny Sondoh 



loading...
×
Berita Terbaru Update