Notification

×

Iklan

Iklan

5 Cara Menulis Artikel Berkualitas yang Ramah Terhadap SEO

Sabtu, 19 Desember 2020 | 07.31 WITA Last Updated 2021-11-12T04:17:02Z

 


Bidikdotcom Tahukah kamu? Tidak semua konten yang berada pada laman teratas google memiliki kualitas isi yang terjamin. Banyak website yang memakai artikel spinner hanya untuk mendapatkan satu artikel SEO tanpa berpikir bahwa pembaca juga manusia.


Tips menulis artikel berkualitas tidak sebatas hanya dengan kata-kata intelektual tetapi bagaimana makna sesungguhnya agar pembaca mendapat edukasi dan pengalaman terindahnya dari konten tersebut.


Artikel SEO merupakan artikel yang ramah di mesin pencari google. Tetapi masih banyak blogger yang salah mengartikan bahwa artikel SEO hanya ditujukkan untuk google. 


Nyatanya, Konten yang baik untuk website/blog adalah konten yang memiliki isi, makna dan kesimpulan terstruktur sehingga bermanfaat untuk para pengunjung yang nantinya menjadi pembaca setia kamu.


Para ahli SEO juga mengatakan jika suatu konten pada website/blog harus diisi dengan kata kunci agar bisa meraih peringkat tinggi. Ya memang begitu demikian, Akan tetapi jika kata kunci selalu menjadi acuan utama tetapi isi terhadap konten tidak berkualitas maka percuma saja tidak akan ada pembaca yang berdatangan ke website kamu.


Sebelum memulai aktivitas ngeblog alangkah baiknya kamu berlatih untuk menulis artikel SEO dan berkualitas meskipun fasilitas yang kamu miliki sangat terbatas. Berikut 5 Cara Menulis Artikel Berkualitas yang Ramah Terhadap SEO :


1. Bidik Kata Kunci


Membidik kata kunci sebelum menulis artikel sebaiknya perlu dilakukan. Untuk membidik kata kunci kamu bisa menggunakan : Google Keyword Planner, ubbersuggest, KW Finder. Ketiganya merupakan tempat terbaik untuk bisa mendapatkan kata kunci yang bisa kamu pilih sesuai keinginanmu.


Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan dalam membidik kata kunci adalah :


Jangan Terpaku pada Artikel Viral

Sebaiknya gunakan Kata Kunci <3000 Volume

Gunakan Long tail keyword dalam dan hindari pengulangan setiap kata


Artikel berkualitas biasanya menggunakan kata kunci dengan keyword density kurang dari 3% atau sama dengan 200 kata karena mesin pencari tidak menyukai isi konten yang mengulangi banyak kata sehingga menyebabkan kamuflase terhadap isi dalam artikel.


2. Struktur Artikel


Saat menulis kamu juga perlu memperhatikan struktur artikel agar bisa meraih peringkat tinggi pada mesin pencari. Struktur artikel biasanya diisi oleh :


Jumlah Panjang Artikel Lebih dari 500 Kata

Setiap paragraf artikel mengandung kalimat phrase

Gunakan tajuk dan sub-judul untuk meningkatkan saturasi kata kunci dalam isi konten artikel nantinya



Kemudian jangan lupa menambahkan kesimpulan di akhir paragraf dalam artikel dengan menggabungkan paragraf kedua dan paragraf terakhir sebagai satu kesimpulan.


3. Konten Asli Bukan Copas


Konten yang disukai google adalah konten original atau konten yang ditulis langsung oleh penulis bukan hasil dari copy paste dengan menyalin seluruh isi artikel website satu ke website lainnya.


Konten asli dibuat dengan tiga langkah agar menghasilkan artikel berkualitas, seperti :


a) Jangan terus mengulangi kata kunci pada setiap paragraf artikel.

b) Buatlah konten untuk manusia dengan memaksimalkan penggunaan tata bahasa.

c) Ketika menulis kamu perlu membuat kesimpulan singkat di akhir paragraf.


4. Optimasi Gambar


Ketika menulis artikel diperlukan menambahkan satu atau dua gambar yang tak memiliki dimensi ukuran terlalu besar. Cara mengoptimalkan gambar untuk membuat artikel SEO Friendly adalah Kamu bisa melakukan compress sebelum menguploadnya bersama artikel ke dalam situs web kamu.


Biasanya ukuran gambar untuk membuat artikel SEO friendly adalah kurang dari 1MB dengan low brightness colour. Kamu juga bisa memperkecil ukuran gambar tanpa mengurangi kualitasnya dengan mengunjungi situs : tinypng.com dan kraken.io.


5. Jangan Lupa dengan Internal dan Outbound Link


Internal dan Outbound link dalam artikel adalah elemen penting yang tak boleh dilewatkan. Ketika menginput artikel ke dalam website, kamu wajib memasukkan link satu dengan link lainnya ke dalam artikel yang saling berkaitan. 


Link tersebut nantinya berguna untuk menaikkan posisi artikel kamu ke posisi tertinggi di laman mesin pencari.  Selain itu link internal maupun outbound Link sebagai sumber lalu lintas gratis karena pengunjung website otomatis akan mengeklik tautan tersebut sehingga lebih mudah artikel lainnya mudah dicari oleh pengunjung tanpa mencari kata kunci.


Bagi anda yang sering bosan berhadapan dengan layar komputer atau smartphone dalam membuat konten bisa memakai jasa tulis dari Daily Writer yang memiliki pengalaman dalam membuat konten SEO dan dijamin akan memberi solusi pada traffic website.


Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update