HEADLINE NEWS

Iklan

Facebook, Instagram, WhatsApp Down Saat Penghentian Sementara Internet di Amerika

 

gambar sosial media sumber: bidikdot

Bidikdotcom - Tiga aplikasi website paling populer di dunia Facebook, Instagram, WhatsApp mengalami penurunan performa di wilayah Amerika pada Selasa 5/10/2021 waktu Indonesia setelah terjadi permasalahan pada Domain Name System (DNS).


Tepatnya pukul 12 siang waktu Amerika Senin 4/10/2021 server internet yang melayani seluruh pengguna website dan aplikasi koneksivitasnya menurun drastis atau terganggu serius dan mengakibatkan beberapa perusahaan besar negeri Pamansam itu menghentikan beberapa bidang pekerjaannya.


Salah satu lembaga kecil yang bekerja di Facebook The Verge meminta maaf atas kasus yang menimpa seluruh pengguna aktif media ke-3 aplikasi tersebut.


Pada halaman atas beranda sosial media ternama dunia itu tertulis "maaf ada yang tidak beres pada penggunaan aplikasi anda, kami sesegera mungkin memperbaiki kesalahan tersenut" tulis via Facebook yang dilansir dari surat elktronik newyork/daily-news.


Andy Stone selaku Eksekutif Facebook juga menyatakan permohonan maafnya di twitter atas akses aplikasi FB yang bermasalah.


"Kami menyadari beberapa orang pasti mengalami masalah saat mengakses aplikasi produk kami, tetapi kami segera mengatasi permasalahan ini" tulis Stone.


Penghentian sementara server internet karena masalah teknis pada Senin malam waktu setempat mengingatkan kita kasus whatsapp dan instagram down semalam  di bulan Maret 2021 lalu.


Seorang mantan karyawan yang pernah bekerja di perusahaan aplikasi terbesar dunia itu Frances Haugen telah memperingatkan bahwa akan terjadi praktek salah dalam pengelolaan web sehubungan dengan pihak facebook yang tidak memiliki batasan-batasan bisnis.


Haugen malah mengatakan bahwa pihak facebook hanya mencari keuntungan sendiri dengan memilih mengaktifkan semua server bisnisnya tanpa memikirkan kurang baiknya.


Tuduhan Haugen paling mengejutkan dan membuat publik Amerika kaget adalah "bahwa facebook secara aktif dan terbuka mempromosikan penyebaran informasi yang salah" terkait isu hot-buttom di planform yang di pimpin oleh Mark Zuckerberg itu.


Tidak hanya masyarakat biasa yang mengkritik kerja Facebook pada bulan Juli 2021 Presiden Joe Biden juga pernah mengritik kinerja sosmed raksasa itu.


Presiden Amerika itu mengatakan bahwa dalam setiap update informasi Covid-19 Facebook sering melakukan kesalahan dan informasi diterima masyarakat cukup meningkat meskipun itu adalah hal yang keliru.


Hingga perbaikan pada Selasa dini hari 5/10/2021 platform whatsapp belum juga aktif dan publik Amerika sangat tergganggu adanya error teknis tersebut. Informasi ini juga sudah tayyang di Daily News-New York.


deny/BDC

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara, Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan terima kasih sudah berkunjung, Sukses selalu dan tetap Sehat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *