Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Mempertahankan Posisi Market Leader Sebagai Pemilik Blog Berita

Selasa, 02 Februari 2021 | 14:24 WIB Last Updated 2021-11-03T13:40:16Z

 

Gambar Ilustrasi

Bidikdotcom Sebagai pemilik blog tentu hal membanggakan adalah selalu berada di halaman depan dari mesin pencari seperti google, bing dan yahoo. Namun untuk menjangkaunya bisa di bilang gampang-gampang susah sebab seorang pengolah blog harus benar-benar onfire dengan apa yang dibuatnya.


Kesiapan dalam menghadapi tantangan menjalakan sebuah website dari berbagai dinamika persaingan  menjadi kewajiban mutlak seorang blogger dalam mendantangkan pundi-pundi rupiah dari website yang dikelolahnya. Pemilik situs tidak hanya merasa senang saat web yang dikelolahnya berada di rangking teratas namun ia juga harus merasa bertanggung jawab saat situsnya mengalami penurunan traffic bahkan pun masalah lainnya.


Baca Juga : Google Akan Hapus Konten Email Tidak Aktif  Selama Dua Tahun


Materi yang menjadi bahasan kita kali ini adalah  bagaimana mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar dari situs blog berita yang mungkin anda juga adalah pemiliknya.


Bila mengatakan setiap pemilik blog dari niche apapun itu disandingkan dengan situs berita ternama seperti detikcom, CNN Indonesia, Kompas.com, Kumparan, VIVA News dan lainnya tentu kalimatnya "tidak bisa" meskipun bahasan topik pemberitaan sama.


Sebab para raksaksa media ini telah lahir puluhan tahun silam dan lebih familiar dengan masyarakat umum  bahkan sistem pengindeksan konten yang mereka bangun sifatnya berbayar.


Dalam satu artikel yang mereka terbitkan hanya butuh 30-60 detik sudah berada di "page one" browser nomor satu google , fantastik memang.


Berbeda dengan blogger butuh 3-6 jam baru bisa terindeks meski ini juga sifatnya relatif. Selanjutnya di blogger maksimal penerbitan artikel diatas 5 konten perharinya sedangkan di media ternama rata-rata diatas 50 artikel perhari bahkan ada mencapai 100 artikel.


Dari pencapaian traffic jelas cukup jauh blogger hanya bisa ketambahan 9-17% rating sedangkan media ternama 47-93% rating (sumber analisa alexa).


Lantas apakah ini akan membuat pemilik blog berita pemula down jawabannya "tidak juga"


Sebab masing-masing pemilik situs punya cara pandang serta karakteristik berbeda dengan apa yang disajikannya dan tidak akan tergantung dengan orang lain.



Inilah yang akan coba kita beda agar blogger mencintai apa yang sudah di bangunnya sejak awal serta tidak terfokus pada mengejar keuntungan.


Mari kita tinggalkan cerita tentang media ternama tadi karena itu hanya pemantik sejauh mana tindakan kita menjalankan apa yang kita miliki dengan menjajal cara-cara elegan media tersebut sehingga kelak kita pun akan merasakan seperti mereka alami yaknii "sukses besar"


Saya percaya saat ini anda pun telah mengalami naiknya traffic dari situs web yang anda kelolah atau pun mengalami penurunan namun akan lebih baik jika kita memperhatikan beberapa lagkah sederhana berikut dalam mempertahankan posisi sebagai pemimpin pasar konten pengolah blog berita.


1. Update Setiap Hari Informasi Fresh


2. Crawling artikel dengan Google Search Console dan Bing Webmaster Tool


3. Hindari Sajian Berita Seperti dari Media Ternama


4. Terus Modifikasi Konten Teratas Situs Anda


5. Pertajam Keyword


6. Informasikan Hal Hal Baru di Sekitar Anda


7. Pakai Tim Penulis Meski itu Berbayar


8. Promosi Tiada Henti ke Sosial Media


9. Buat Topi dan Kaos Bertuliskan Situs Web Anda


10. Hindari Rasa Malas 


Bila kesepuluh hal diatas bisa dilakukan, selanjutnya anda bisa memasang alexa di toolbar browser anda fungsinya untuk mengetahui sejauh mana traffic yang anda peroleh dalam setiap penerbitan artikel.


Hal ini juga masih relatif bahkan ada yang tidak menggunakannya browser pengukur traffict web ini.


Tetapi anda bisa mencobanya dalam rangka menghalang rasa kekecewaan bahwa blog anda memiliki perkembangan dari segi traffic dan bisa juga akan jadi web blog dengan reputasi terukur.


Langkah selanjutnya lakukan riset di mesin pencari keyword yang berhubungan dengan artikel anda yang sudah diterbitkan.


Seperti contoh artikel yang sudah diposting di website ini : Mitos Atau Fakta! Buah Kunyit Mengatasi Anak Sering Ngompol 


Kalimat yang diketik di google : manfaat buah kunyit bagi anak suka ngompol


Coba anda perhatikan  bila artikel tersebut berada dihalaman depan mesin pencari google itu berarti konten anda memiliki tingkat persaingan cukup bagus. Apakah ini sudah cukup dan anda merasa puas jawabannya juga  "tidak"


Lakukan beberapa tindakan perbaikan seperti menambah kalimat meyakinkan bahwa bila menggunakan buah kunyit tidak ada efek samping bagi kesehatan anak, buat huruf tebal pada kata-kata penting dan lain-lain.


Bila kata yang diketikan tersebut tidak terhubung dengan artikel yang kita posting, maka anda harus mengedit kembali artikel tersebut dan gunakan kata-kata paling banyak di pakai oleh website hasil pengetikan kalimat di mesin pencari itu tentu menurut cara penyajian anda bukan dari yang terterah pada urutan web di browser tersebut.


Perlu di ingat google akan memberi tanda waktu penerbitan artikel bila konten yang diterbitkan berlangsung setiap hari atau setiap minggu maka anda akan masuk wilayah algoritme news gogole dan ini prestasi bila anda ada didalamnya sebab jelas traffic blog anda akan terus meroket.


Namun bila poin nomor 10 melilit konsistensi untuk melakukan updating konten , siap-siap anda akan di depak oleh google, dan traffic akan berangsur surut dan selanjutnya tidak akan terlihat lagi di halaman depan mesin pencari nomor satu dunia itu. 


Pengurus blog atau seorang blogger hanyalah manusia biasa tidak lepas dari kekurangan dan keterbatasan, tetapi tidak akan membatasi untuk memberi manfaat yang bernilai mulia bagi sesama. 


Makanya hanya satu kata agar bisa bertahan  K O N S I S T E N 


Itulah beberapa hal mempertahankan posisi market leader sebagai pemilik blog berita ditengah jepitan konten media-media raksaksa tanah air namun tidak perlu risau karena kita tahu apa yang perlu kita kerjakan dan bertindak sesuai kemampuan dan dedikasi kita mengurus situs.


Baca Juga : 10 Cara Mumpuni Menaikan Traffic Blog Dan Bertahan di Halaman Depan Google


Saya percaya jika market konten yang kita sajikan menarik simpatisan dan memberi dampak signifikan bagi pembacanya, maka meskipun sifatnya sering dianggap kecil dipastikan anda dan saya tetap menjadi memimpin dari kontestasi sengit, semoga sukses terus (bung deny)


Salam Blogger.

×
Berita Terbaru Update