Notification

×

Iklan

Iklan

Filipina Geser Indonesia Kasus Tertinggi Covid-19 Asia Tenggara

Rabu, 07 Oktober 2020 | 04.54 WITA Last Updated 2021-10-26T15:03:00Z

 

Filipina dan Indonesia tertinggi di Asia Tenggara covid-19 gambar bidikdot

Bidikdotcom Penyebaran wabah virus  berbahaya covid-19 terus melanda berbagai negara di seluruh belahan dunia termasuk wilayah Asia Tenggara. 


Beberapa negara Asean ada yang tingkat penyebaran virus corona sangat rendah namun ada negara Asean lainnya dengan tingkat penyebaran dari wabah berbahaya ini cukup tinggi termasuk Indonesia. 


Sejak tiga bulan terakhir Indonesia memang menjadi salah satu episetrum tertinggi di negara-negara Asean bersaing dengan Filipina. dua negara ini memiliki riwayat covid-19 dengan angka tertinggi dari negara Asean lainnya yang tidak mencapai hingga belasan ribu kasus seperti Brunei Darusalam, Vietnam dan Thailand


Baca Juga : Protes Buruh di Balik Palu Omnibus Law Cipta Kerja 

Sejak Agustus 2020 lalu Filipina telah menduduki posisi teratas penyebaran tertinggi covid-19 dan disusul Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Vietnam dan Brunei Darussalam. dari data informasi worldmeter.info khusus memberikan informasi perkembangan virus corona di seluruh dunia dimana Filipina menempati posisi subur di Asia Tenggara sebagai negara dengan tingkat penyebaran tertinggi corona virus desease 19 (covid-19)


Dari data hari ini 6/10/2020 Filipina ada di ururtan ke-19 penyebaran covid-19 tertinggi didunia disusul Indonesia di urutan ke-22. rincian masing-masing Filipina positif 326.833 sedangkan Indonesia angka positif berjumlah 311.176.


Sedangkan angka sembuh Filipina berjumlah 273.313, Indonesia 236.437. Indonesia menempati posisi teratas angka kematian covid-19 di Asia Tenggara dengan jumlah 11.374 dan untuk Filipina berjumlah 5.865.Kedua negara ini memiliki riwayat penyebaran covid-19 dengan jumlah tidak terlalu terpaut jauh.


Kini kedua negara ini masing-masing memiliki solusi berbeda untuk mengurangi dan menghentikan penyebaran wabah berbahaya ini. dari pemberitaan salah satu televisi pemerintah setempat bahwa beberapa wilayah masih dijalankan lockdown dan penindakan cukup keras di jalankan pihak keamanan bagi warga yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan.


Indonesia sendiri belum ada penindakan serius secara berlebihan bagi masyarakat yang cuek dan tidak peduli dengan protokol kesehatan dalam hal ini memakai masker, menjaga jarak dan tetap mencuci tangan. mala sebaliknya ada saja warga yang masih membuat acara-acara selewiran dengan menghadirkan masa cukup banyak.


Dari kasus baru Filipina berhasil menekan tingginya penyebaran covid-19 hingga lima pulu persen rata-rata perharinya 2 ribu orang sedangkan Indonesia sendiri setiap hari ketambahan hingga 4 ribuan orang yang terpapar positif kasus covid-19.


Indonesia belum sampai pada penegakan hukum resmi karena cara menghukumnya hanya dalam bentuk pembinaan sosial seperti disuruh kerja bakti, shitup, menyanyi dan lainnya. jika ada penegakan secara serius dari setiap warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan seperti diberlakukan oleh pemerintah Filipina bagi warganya kemungkinan angka penyebaran kasus positif bisa ditekan.


Hingga hari ini 6/10/2020 angka kasus positif covid-19 diseluruh dunia mencapai 35.787 301 sedangkan meninggal berjumlah 1.049  825 dan sembuh mencapai 26.909.723. Amerika Serikat masih sebagai negara tertinggi kasus penyebaran wabah virus corona berjumlah 7 juta kasus, disusul India berjumlah 6.687.247 dan Brasil 4.940.499.


Asia Tenggara dengan kasus terendah covid-19 adalah negara Brunei Darussalam dengan jumlah kasus sebanyak 146 kasus 3 orang meninggal per 6 Oktober 2020.


Sementara Malaysia ada di urutan ketiga saat ini kembali menutup beberapa wilayahnya karena terjadi lonjakan cukup signifikan warga yang positif virus corona. beberapa hal menjadikan Asia Tenggara mash tinggi penyebaran virus berbahaya ini dikarenakan tidak disiplinnya masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan masih melakukan aktifitas kerumunan masa.


Baca Juga : Polemik Konser Kampanye Pilkada 2020 Sampai Batasan Simpatisan

Itulah sebabnya butuh penindakan tegas dari aparat maupun peraturan pemerintah tidak sebatas pada pembinaan saja selesai itu kembali dilakukan oleh masyarakat. kalau tindakannya memiliki efek jerah maka kemungkinan besar tingkat penyebarannya bisa di tekan dan menurun.


deny/BDC

loading...

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update