Notification

×

Iklan

Iklan

Pantai Buniang Wisata Tersembunyi Pulau Lembeh Kurang di Ketahui Publik

Kamis, 19 Agustus 2021 | 22.20 WITA Last Updated 2021-10-05T13:12:12Z

 

Foto Pantai Buniang Agustus 2021 oleh deni's


Bidikdotcom - Pulau Lembeh memiliki beberapa tempat wisata yang bisa menjadi penggerak ekonomi masyarakat sekitar apalagi bicara pantainya.


Tidak kalah menariknya dengan tempat wisata di Sulawesi Utara secara umum Pulau Lembeh juga punya area liburan pantai yang mengasyikan dan bisa membuat  pengunjung berlama-lama menikmatinya.


Salah satunya adalah Pantai Buniang, dalam bahasa daerah Sangihe bermakna "sembunyi" atau tersembunyi. Itulah kenapa hingga hari ini masyarakat sekitar menyebutnya Buniang karena memang pantainya sangat tersembunyi dan jauh dari jangkauan masyarakat umum.


Pantai ini menyimpan pesona alam cukup luar biasa dan kenyamanan para pengunjung meskipun diakui area pantai ini belum terkelola dengan baik sehingga tidak ada penginapan tersedia.


Pantai Buniang dapat dijadikan tujuan wisata keluarga untuk liburan harian karena memiliki air yang sangat jernih dan tidak kotor dengan suasana yang cukup asri.


Lokasi pantai ini bertempat di Kelurahan Pintukota Kecamatan Lembeh Utara di Kota Bitung yang bisa dicapai selama 30 menit dari jalan aspal belakang lingkar Lembeh di Pintukota Besar.


Untuk mencapai lokasi pantai anda harus melalui track jalan kaki yang sedikit turun gunung tapi yang punya motor trail atau sejenisnya bisa mencapainya tanpa jalan kaki.


Pantai Buniang sebetulnya menjadi ikon rekreasi masyarakat kelurahan Pintukota sejak lama tetapi karena jarak yang cukup jauh dan mengharuskan mereka jalan kaki maka banyak warganya enggan ke pantai ini lagi karena alasan kelelahan.


Dengan lokasi tersebunyi membuat pantai Buniang kurang diketahui masyarakat luas apalagi yang ada diseputaran Kota Bitung karena tidak ada akses yang menunjang untuk mencapai area ini.


Tahun 2014 silam pemerintah kelurahan Pintukota merintis jalan menuju pantai ini. dan tahun 2016 pengerjaan jalan dibuat tetapi hanya sekedar dalam bentuk merintis saja supaya terlihat sudah ada akses untuk sampai kepantai.


Aspalnya pun hanya berjarak tiga puluh meter dari badan jalan lingkar lembeh (jalan utama).


Bahkan hari ini jalan tersebut sudah sangat parah untuk dilewati dan akan membahayakan pengendara bila memaksakan diri membawa kendaraan kepantai.


Pantai Buniang sangat eksotis bila dijadikan wisata rekreasi atau sekedar bersantai sebab memiliki kenyamanan untuk berenang karena dihalangi dengan batu karang yang luas didepannya sebagai pengaman terhubung ke laut lepas kecuali pada musim-musim angin selatan.


Selain itu bila area ini  memiliki akses jalan akan memberikan penghasilan bagi masyarakat yang punya tanah disekitar pantai tersebut untuk dibangun usaha. 


Beberapa masyarakat pun punya harapan agar sesegera ada projek jalan untuk membantu mereka bisa memanfaatkan pantai sebagai lahan usaha untuk ekonomi kedepan.


Tidak hanya Pantai Buniang menyisihkan pemandangan eloknya tetapi Pantai Salise di Keluruhan Lirang dan Pantai Pasir Itang di Kelurahan Gunung Woka bukti bahwa Pulau Lembeh memiliki area wisata yang cukup menarik, 


hanya saja alasan tadi yang membuat area ini sulit untuk diakses yakni tidak ada jalan layak mencapainya.


Kiranya kedepannya dalam hal ini pemerintah Kelurahan Pintukota dapat mengusulkan pada pemerintah Kota Bitung untuk dapat membuat jalan yang terhubung ke pantai Buniang.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update