Notification

×

Iklan

Iklan

Kenapa Artikel Tidak Muncul di Google Ini Penyebabnya

Kamis, 28 Oktober 2021 | 19.22 WITA Last Updated 2021-11-15T14:09:04Z

 

Ilustrasi gambar bidikdot

Bidikdot -  Website tidak muncul di pencaharian google akan sangat berpengaruh terhadap penerbitan sebuah artikel atau konten alasannya cukup sederhana sedangkan situs sendiri tidak ada di mesin pencari apalagi isi dari situs tersebut.


Maka dengan itu tidak heran para blogger berlomba dengan berbagai trik maupun cara blogging yang tepat agar website muncul dihalaman pertama mesin pencari. 


Artikel merupakan salah satu performa terdepan dalam memberi pengaruh pada kemajuan situs atau web untuk mendatangkan trafik yang terukur.


Apa jadinya jika artikel dengan susah paya dibuat tapi tidak muncul di Google, Bing dan Yahoo padahal semua standar konsep  penulisan sudah diterapkan sesuai Search Engine Optimasi (SEO) 


Tentu  perasaan kecewa, bosan dan mungkin saja urung untuk kembali menulis artikel karena dianggap tidak bernilai dimata mesin pencari. belum lagi ditambah dengan Polemik Sering di Tolak Adsense maka tambah runtuhlah semangat seorang blogger sejati untuk terus ngeblog.


Bagi  blogger yang pernah mengalami proses diatas adalah pengalaman mungkin dapat dikatakan menyakitkan namun intinya  cukup disikapi dengan bijak, sebab persaingan dunia digital saat ini sangat terbuka dan kompetisinya cukup tinggi sehingga siapa saja bisa kalah dalam pertandingan.


Google merupakan browser yang melayani khusus pada jasa dan produk internet  dimana rata-rata hampir seluruh aktivitas online di dunia terkoneksi dengan perusahaan jaringan milik Amerika Serikat ini.


Platform website ternama google yakni blogspot menjadi peminat terbanyak dari penggunanya yang tersebar diberbagai negara di dunia.


Anda bisa bayangkan berjuta-juta pengguna blogspot dalam durasi waktu 3 jam mengupdate konten mereka sementara anda hanya sehari sekali atau seminggu tiga kali jelas ini akan membuat konten di situs anda sulit ada dihalaman utama browser raksaksa itu.


Sehingga dengan ukuran ini maka dimungkinkan setiap situs yang menggunakan produk google blogspot akan tersingkir dari persaingan jika cara artikel cepat diindeks google kurang efektif di maksimalkan. 


Menjamurnya situs media online saat ini di Indonesia telah memberikan sumbangsi positif terhadap dunia informasi baik regional maupun global tetapi efeknya cukup memberikan segmentasi buruk terhadap blogger yang jarang update.


Inilah yang terjadi beberapa bulan belakangan dimana para blogger mengeluhkan bahwa semakin sulitnya artikel ada di mesin pencari google meski sudah menggunakan tools Google Search Console (GSC).


Diketahui sejak bulan Agustus 2021 google mulai melakukan update algoritma terbaru mereka termasuk penyesuaian iklan dan google analitik terbarunya GA4 yang diakui pengguna blogger semakin sulit bersaing dan terkecuali mereka yang terus konsisten.


Cara mempertahankan posisi sebagai market leader pemilik blog merupakan salah satu trik agar artikel yang kita buat bisa di indeks (crawling) meskipun pihak google terus memperketat proseduralnya.


Itu juga dialami admin sejak awal September 2021 akibat dari pembaharuan dan render google semua konten yang dianggap tidak sesuai dengan standar mesin pencari terbaca dengan otomatis dan dianggap sebuah kesalahan "error" dan berpengaruh terhadap halaman situs (page)


Akibatnya trafik situs menurun drastis dan sesekali naik gak karuan dan penghasilan adsense down hingga saat ini.


Sebetulnya bukan sebuah masalah besar jika artikel yang diterbitkan tidak terindeks, kan GSC menyebutkan "artikel tidak diindeks namun bukan sebuah kesalahan" 


artinya jalur penulisan artikel sudah benar hanya memang sekali lagi ketersaingan konten yang kita buat masih kalah dengan kompetitor lainnya dalam hal penerapan keyword.


Dengan demikian perlu cara mengatasi artikel tidak di crawling google search console sehingga tidak tergusur dari mesin pencari. 


Penyebab artikel tidak muncul di mesin pencari dikarenakan beberapa alasan yakni: 

Konten Copas

Plagiat

Algoritma Baru

Eror Halaman

Penempatan Tanda Kutip

Breadcrumbs

Link URL Broken

Server Situs Bermasalah

Daftar Isi Tidak Terintegrasi.


Mengatasinya:

Penting untuk di pelajari cara membuat artikel blog ada di halaman depan google sehingga muda terindeks dengan baik di mesin pencari seperti google, bing dan yandex.


Pertama: Hindari membuat artikel yang diambil dari situs atau website lain karena jelas melanggar privacy google dan anda akan di banned dari halaman browser ternama itu. 


Plagiarism konten akal-akalan yang sangat tidak disukai google kendati ada blogger yang lolos dari sidak namun ini tidak baik dan tidak disarankan.


Kedua: Pembaharuan Algoritma dari google akan mempengaruhi performa situs anda sehingga sebelumnya konten yang di terbitkan dianggap baik-baik saja, 


kemungkinan akan tidak terbaca oleh mesin pencari tapi untuk hal ini bukan masalah besar solusinya teruslah update konten anda.


Ketiga: Gunakan Keyword yang tepat bukan pas-pasan, saya percaya anda mengerti bagian ini karena  tidak munculnya artikel di mesin pencari penyebabnya juga tidak melakukan "riset  keywords" sesuai dengan tujuan konten, 


kesalahan ini sering saya lakukan alasannya hanya menyita waktu padahal bila tepat sangat mencengkeram hasilnya.


Keempat: Jangan asal menulis menurut kehendak anda (JELAS)


Kelima: Menggunakan tanda kutip pembuka dan penutup pada judul artikel membuat halaman eror dan tidak akan terbaca google. Mengatasi hal ini jangan menggunakan tanda kutip ini disetiap judul postingan.


Keenam: Server Situs Bermasalah, jika ini anda alami diwebsite sendiri sesegera menghubungi penyedia layanan tersebut dan meminta mereka memperbaikinya.


Ketujuh: Daftar Isi (Sitemap) yang tidak terkoneksi dengan url artikel. maksudnya adalah saat penerbitan artikel ada penambahan judul label sementara judul label tersebut belum terdistribusi (submit) pada sitemap yang didaftarkan di Google Search Console. 


Solusinya bila ada penambahan judul label anda harus melakukan crawling ulang di GSC.


Kedelapan: Link url rusak. solusinya sebelum menerbitkan artikel dan anda akan memberi tautan pada artikel tersebut periksa terlebih dahulu apakah link url tersebut aktif atau tidak.


Kesembilan: Breadcrumbs, elemen ini disebut navigasi sekunder jika bermasalah akan mempengaruhi artikel untuk di indeks google. bila template blog anda berbayar silahkan hubungi penjualnya untuk memperbaiki dan jika gratisan anda perbaiki sendiri.


Kesimpulan

Beberapa penyebab deindeks atau artikel tidak muncul di mesin pencari seperti google sebagaimana disebutkan diatas perlu anda cermati dan lakukan aksi sebelum itu terjadi.


Ada baiknya lakukan semacam patroli internal halaman atau artikel mana saja perlu di perbaharui sebelum ada kiriman surat cinta berwarna merah pada kolom notifikasi GSC anda, sehingga performa situs anda tetap stabil meski pada beberapa kesempatan akan mengalami trafik down.


Sebuah harapan besar tentu tersemat dalam benak anda dan saya selaku seorang blogger, tetapi jika dihadapkan dengan sesuatu menjengkelkan seperti judul artikel ini maka akan membuat kesal juga dan semangat menulis kemungkinan tidakn lagi konsisten


penghasilan periklanan belum tercapai, trafik situs tidak naik-naik maka perlu tindakan arif  agar aktivitas blogging anda di warnai dengan solusi serta sabar menghadapinya.


Terima kasih sudah berkunjung di bidikdot blog berita sederhana dan membaca artikel ini sekiranya bermanfaat bagi anda walau kita sadari makin sulit dan tidak mudah mengurus blog dengan kompetitor seperti hari ini namun yakinlah jika anda konsiten pasti sukses.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update