HEADLINE NEWS

Iklan

Presiden Jokowi: Stadion Lukas Enembe Bukan Satu-Satunya Kemajuan Papua

Presiden Jokowi disambut meriah saat membuka PON XX  Papua di Stadion Lukas Enembe sumber gambar web antara


Bidikdotcom - Presiden Joko Widodo secara resmi membuka Pekan Olahraga Nasional PON Papua ke-XX tahun 2021 langsung dari Stadion Lukas Enembe Jayapura pada Sabtu 2/10/2021 pukul 20.00 waktu setempat


Gemuruh teriakan sorak para peserta dari dalam stadion membuat suasana pembukaan tambah meriah saat menyambut ucapan selamat berlomba dari orang nomor satu di Indonesia itu.


Jokowi dalam sambutanya sebelum membuka olahraga terakbar nasional ini mengatakan bahwa kemegahan Stadion Lukas Enembe bukanlah satu-satunya kemajuan di bumi cendrawasi itu.


Sebab diakui Presiden bahwa stadion dengan nama Gubernur yang menjabat sekarang yakni Lukas Enembe merupakan Stadion termegah di Asia tetapi tidak hanya ini menjadi  ukuran publik melihat kemajuan di tanah Papua.


Sebab menurut Jokowi kemajuan Papua ditandai dengan terkoneksnya pergerakan ekonomi rakyat atas pembangunan jalan yang menghubungkan antar daerah dan pemukiman, terselenggaranya sumber daya manusia secara berkualitas  dan terjangkaunya fasilitas komunikasi antar wilayah pemerintahan.


Usai presiden membuka Pekan Olahraga XX Papua, para tamu undangan di suguhkan dengan atraksi memukau dari para pemuda Papua yang memperagakan pesona sumber daya alam secara berkesinambungan dijaga oleh seluruh rakyat Papua.


PON XX tahun 2021 di Papua merupakaan pekan olahraga nasional dengan infrastruktur atau venue berstandar internasional yang pertama kalinya diselenggarakan.


Ada empat wilayah penyelenggaraan PON ini diantaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.


Dari laporan Ketua Koni Pusat yang juga Ketua  Panitia Pelaksana Norman Marciano dalam acara pembukaan bahwa ada 923 atlet tuan rumah dan 6116 atlet undangan yang ikut berpartisipasi dalam iven olahraga nasional ini.


Norman juga menyebutkan 3 provinsi peraih medali emas terbanyak yaitu Provinsi DKI Jakarta (28) emas, Provinsi Papua (17) emas dan ke Jawa Barat 11 emas.


Meski masih dalam penanganan Covid-19 protokol kesehatan secara ketat diberlakukan oleh panitia pelaksana baik sebelum memasuki venue pertandingan maupun sudah berada digelanggang pertandingan.


Demikian juga dari segi keamanan walau sederet peristiwa teror yang dijalankan sekelompok separatis disatu bulan terakhir tidak menghalangi berlangsungnya pelaksanaan olahraga dalam negeri ini.


Masyarakat Papua telah lama menanti  iven-iven akbar berlangsung di negeri mereka seperti pelaksanaan PON ini. kini bersama dengan Presiden Joko Widodo masyarakat Papua berhasil mewujudkan itu walau ada begitu banyak kritik pedas yang harus diterima orang nomor satu di tanah air tersebut


Termasuk dari mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai, yang menuduh bahwa Jokowi dan Ganjar Pranowo perampok kekayaan Papua, ini menjadi unggahan Pigai di twitter pribadinya yang menjadi viral di media sosial sepanjang satu minggu berjalan ini.


Meskipun tuduhan Natalius energik dan terkesan tidak mendasar memberikan dampak emosional tinggi bagi masyarakat Papua yang telah merasakan kesejahteraan luas biasa atas pembangunan infrastruktur serta berbagai fasilitas lainnya.


PON ke XX Papua tahun 2021 akan berlangsung mulai tanggal 2-15 Oktober 2021 dengan dengan keseluruhan jumlah medali 491 dengan rincian masing-masing 144 medali emas, 142 medali perak dan 205 medali perunggu.


Penutupan kegiatan pekan olahraga nasional ini akan kembali dilaksanakan di Stadion Lukas Enembe waktu setempat pukul 20.00 wit.


deny/BDC

Previous
« Prev Post
Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara, Silahkan tinggalkan komentar anda disini dan terima kasih sudah berkunjung, Sukses selalu dan tetap Sehat

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *