Notification

×

Iklan

Iklan

10 Cara Mumpuni Menaikan Traffic Blog Dan Bertahan di Halaman Depan Google

Kamis, 07 Januari 2021 | 10.55 WITA Last Updated 2021-11-12T04:25:32Z

 

Ilustrasi gambat by pixabay

Bidikdotcom Membuat website sendiri merupakan ikhtiar dari seseorang terhadap ketertarikannya dalam dunia digital marketing baik menyangkut aktivitas hobi maupun sebagai tempat untuk mendantangkan pundi-pundi rupiah. Khususnya menjadi seorang blogger bisa di katakan gampang-gampang susah.


Sebab di saat website blog telah dibuat anda perlu merawatnya dengan baik mulai dari menulis konten update halaman-halaman khusus, promosi bahkan masuk dalam lingkungan pengiklan sebagai tujuan akhir dari pembuatan blog, kecuali itu sifatnya sebagai penyaluran hobi menulis anda.


Namun saya yakin tujuan akhir anda meciptakan blog untuk mendapatkan penghasilan dan ini fakta 99,9% berakhir dengan pundi rupiah maupun dollar. 


Baca Juga : 5 Cara Menulis Artikel Berkualitas Yang Ramah Terhadap SEO 


Pertanyaannya semudah itukah mendapatkan uang dari sebuah web blog? sedangkan yang mengoperasikan website itu adalah diri sendiri sementara pesaing diluar sana sangat kompetitif dan sering bertengger di posisi utama penguasa pada halaman search engine.


Untuk itulah mengapa kita butuh perhatian terhadap website blog yang dibangun itu sedangkan aktifitas lain kita jalankan masih sangat terbengkalai.


Memiliki web blog sendiri memang sangat menyenangkan hanya saja cara merawatnya perlu "konsisten" punya trik dan tips elegan bahkan cepat di eksekusi.


Bahasan kali ini kita akan membedah secara detail proses menaikan traffic blog dan tetap bertahan dihalaman depan mesin pencari google sebagaimana pengalaman saya.


Seorang blogger harus paham apa itu digital market  yang nantinya akan membawanya pada raupan penghasilan, jangan hanya dijadikan setumpuk literasi materi-materi blogging baik lewat internet maupun materi webinar sedangkan  untuk dipraktekan sangat sulit.


Mari kita mulai sahabat blogger>>>


Ada beberapa cara yang akan saya bagikan dalam kesempatan ini :


1. Konten dan Keyword


Saya tidak perlu menjelaskan lebih rinci lagi dua item ini karena telah menjadi penjelasan umum dari berjuta-juta pengguna website diseluruh dunia bahkan di Indonesia entah itu personal, kelompok maupun lembaga pasti kedua catatan ini menjadi tema utama untuk mendongkrak traffic blog.


Tetapi perlu di ingatkan di item tersebut yakni Konten dan Keyword harus berjalan bersama tanpa ada paksaan maksudnya adalah jangan memberikan kata kunci secara berlebihan dalam satu paragraf serta cara menulis kita menyakinkan pembaca bahwa apa yang disampaikan dalam kata kunci adalah fakta.


Anda juga perlu mengetahui cara membuat artikel blog ada di halaman depan google agar pertahanan anda kuat dan sulit untuk didepak oleh mesin pencari nomor satu di dunia itu.


2. Perbaiki Broken Link


Broken Link atau link rusak perlu diselidiki dalam template anda karena fenomena ini akan menurunkan kinerja blog anda dan akan terjadi sebaliknya traffic akan menurun.

Bagaimana cara mengetahui dalam situs ada link yang rusak! anda bisa memakai fasilitas deadlinkchecker.com pastekan url situs anda dikolom pengecekan seperti pada gambar :



Disini akan diketahui artikel mana saja linknya yang sudah rusak selanjutkan anda melakukan perbaikan.


Ada dua faktor kerusakan link atau url sebagai penghubung ke konten  maupun situs lain.


Pertama : url dari artikel yang anda pasang di hapus oleh pemilik situs


Kedua : website blog yang dihubungkan dengan artikel anda sudah tidak aktif


Ketiga : penempatan url antar artikel dalam situs tidak lengkap atau ada huruf tidak tercopy


Memang ada pemilik situs yang tidak suka kontennya ditautkan ke web orang lain sehingga mereka melakukan pemblokiran hingga url-nya mati.


Makanya disarankan jika menautkan konten url ambilah dari situs terpercaya seperti wikipedia, media online ternama dan penyedia layanan hosting dan domain punya reputasi bagus.


3. Tidak Malu Promosi 


Promosikan blog anda baik ofline maupun online


Ofline kepada teman-teman anda pengguna internet dan online ke teman pengguna sosial media. Anda tidak perlu sungkan mengatakan kepada teman anda "kunjungi donk blog saya" dengan judul ini dan itu, dan juga meminta sahabat sosmed untuk meninggalkan komentar di situs anda.


Dengan promosi itu pasti orang akan berkunjung ke blog anda jika temanmu di facebook contohnya ada 2000 pengikut dan sekitar 3-4 ratus yang berkunjung itu adalah sebuah capaian luar biasa. anda tidak perlu berharap sebanyak pengikut anda yang berkunjung sebagian kecil pun sudah lumayan cukup.


Atau juga bergabung ke group sosial media sesama profesi untuk saling berbagi


Poin pertama tadi menaikan trafict otomatis sudah anda peroleh, 


lantas cukupkah sampai disini? tentu belum cukup mari kita lanjutkan.


4. Menjalin Hubungan Baik Dengan Sesama Blogger


Cara ini mungkin fifty-fifty hasilnya tetapi jika anda mampu menarik perhatian mereka sesama pengguna blogger dipastikan anda akan mendapat keuntungan


Caranya ?


Minta nomor handphone mereka atau chating dan mulailah saling berbagi dengan membangun cerita-cerita inspiratif seputar blogger dan bila sharing anda telah dapat dipercaya maka dari mereka anda bisa meminta bantuan untuk berkunjung ke situs anda dan teman-temannya.


Hindari sok pamer, punya traffic tinggi dan lain sebagainya karena saya yakin anda akan ditinggalkan dan situsmu tidak akan dikunjungi lagi.


5. Template Blog


Cari template blog yang terpercaya sebab thema web juga akan menentukan perubahan pada traffic baik naik maupun turun dan biasanya template yang fast respon dengan kecepatan 98% akan lebih dikenali mesin pencari dan visitors akan lebih betah tinggal lebih lama di situs anda.


Ada 7 blogger inspiratif patut anda kunjungi sebagai rekomendasi saya karena mereka memilik bahan literasi blogging yang cukup baik dimana dapat anda ikuti untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai blogger sejati


Tetapi mereka juga menyediakan template blog premium yang murah tetapi bukan murahan dan sangat familiar dengan google adsense seperti yang digunakan bidikdot ini


6. Domain Berbayar

Meskipun templatenya gratisan tapi anda bisa padukan dengan domain berbayar situs yang hendak dibangun, karena saat domain anda beli di salah satu penyedia layanan alamat berbayar ini situs anda telah terhubung dengan website yang sudah punya reputasi tinggi apalagi itu sudah ada diatas sepuluh tahun seperti idwebhost


7. Penyajian Konten Unik.


Sajikanlah konten yang benar-benar unik, mungkin secara garis besar punya kesamaan konsep dengan blogger lain namun anda harus punya cara anda sendiri memberi rasa nyaman pengunjung maupun google nantinya akan merayapi konten anda.


Mungkin ini dulu dari saya bagaimana cara menaikan traffic blog. 


Nah sekarang kita masuk dalam konsep bertahan di halaman depan google.


Setiap pelatih sepak bola membangun tim yang kuat bukan dari seorang striker atau gelandang serang tetapi yang diutamakan dahulu adalah pemain belakang sebagai benteng untuk bertahan dari serangan lawan dan nantinya akan menciptakan gol.


Ini juga harus dilakukan seorang blogger!


8. Pilih Artikel Blog Terpopuler


Biasanya google analytic akan menunjukan kueri dari berbagai kata kunci dan pastinya juga ada artikel yang menjadi populer dan mendapat rangking tertinggi dari artikel anda lainnya.

Inilah yang harus anda pakai sebagai jangkar bertahan situs agar tetap ada dihalaman depan google.


Contohnya materi yang kita bahas saat ini ada di kueri teratas dari lainnya dengan mendapat tayangan 1-2 ribu setiap bulannya bahkan telah ada di page one google,  anda jangan bangga dulu karena bisa saja ada kompetitor lain yang mencoba merampas kursi nomor satu, dengan artikel lebih dari yang anda buat.


Maka dengan itu artikel-artikel semacam ini harus anda rawat sedemikian rupa sehingga menjadi penyangga  web anda dari artikel lain yang kurang digemari visitors saya kira anda dapat paham penjelasan ini.


Caranya adalah perbaiki susunan kata yang tidak lengkap, tambah perbendaharaan kalimat artikel, beri tanda khusus kalimat atau paragraf, tambah penjelasan dengan keterangan gambar, sehingga pengunjung tidak akan pergi kalau perlu tambah video.


tapi jika tutorial atau keterangan anda beri dengan baik dan benar itu sudah lebih dari cukup.


9. Alamat Web Harus Searah


Aspek yang tidak kalah pentingnya dalam mempertahankan blog ada di halaman depan google adalah  Alamat webnya harus searah. 


Hal ini sering terjadi bagi blogger pemula dalam menyelaraskan setiap bagian dari situs.


Seperti di situs web blog tercantum alamat https//:www.contoh.com tetapi di google search console http//:contoh.com demikian juga di sitemap seharusnya crawling GSC http//:www.alasan.com, namun dipost feed tercantum https//:alasan.com 


alamat ini sudah tidak singkron dan memiliki peluang besar tidak bisa bertahan di halaman utama karena google nantinya bingung merayapi konten web anda mana sebenarnya yang benar.


Sehingga jangan heran kalau artikel yang diposting atau di publikasikan cukup lama muncul di halaman pencaharian seperti google bahkan ada yang tidak muncul sama sekali.


Hati-hatilah menggunakannya apalagi sudah terhubung ke adsense jelas penghasilannya adalah nol.


10. Konsisten


Inilah jurus terakhir kita yakni konsisten dimana sangat sulit para blogger mempertahankannya.


Apalagi diderah perasaan malas, bosan dan kehabisan ide untuk menulis akhirnya merusak rasa konsisten untuk membangun blog. 


Situs blog ibarat hewan peliharaan jika tidak dikasih makan dan minum pasti mereka akan sakit bahkan lebih parah lagi mati maka dengan ini jadilah peternak sejati sehingga apa yang dijalankan sesuai harapan.


Jangan hanya memikirkan adsense, atau pengiklan lainnya atau lebih utama mengejar uang padahal tanpa anda sadar website anda mungkin sementara sakit dan butuh obat untuk memulihkannya.


Jika itu anda lakukan maka siap-siap akan di singkirkan oleh google karena dia memiliki pemain baru lebih enerjik. salah satu menjaga konsisten terhadap membangun blog dengan memakai jasa tulis yang banyak beredar di  sosial media menawarkan keahlian mereka dalam bidang menulis.


Saya juga bisa merekomendasikan Writer Daily sebagai solusi untuk membantu anda kesulitan membuat artikel mereka punya tulisan terbaik dengan harga familiar anda bisa menghubungi mereka. 


Saya percaya bila situs anda sehat maka traffic blog akan terus bergerak naik  dan halaman depan google akan tetap menjadi podium anda sampai benar-benar ada kompetitor lain yang menggesernya.


Baca Juga : Cara Mengatasi Artikel Yang Tidak di Crawling Google Search Console


tapi sebaliknya jika situs blog sakit pasti traffic menurun dan untuk bertahan anda akan sulit. 


semoga catatan ini akan menambah penyemangat anda dan saya untuk terus konsisten merawat apa yang telah kita bangun yakni website kita sendiri, 


Penulis - Bang Deny

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update