Notification

×

Iklan

Iklan

Bangkitkan Ekonomi di Pulau Lembeh Indomaret dan Alfamart Dipuji Warga

Senin, 01 November 2021 | 11.25 WITA Last Updated 2021-11-10T00:49:21Z

 

Situasi dalam Indomaret saat launching 30 September 2021 Foto:nn

Bidikdot - Jaringan retail waralaba ternama Indonesia Indomaret dan Alfamart telah membuka cabangnya di Pulau Lembeh tepatnya di Kelurahan Papusungan dan Kelurahan Batulubang yang belum lama ini di launching.


Indomaret mulai beroperasi pada 30 September 2021 sedangkan Alfamart beroperasi dua minggu setelah partnernya dibuka.


Minimarket yang telah di kenal masyarakat luas itu berhasil mematahkan berbagai spekulasi  masyarakat bahwa toko modern tersebut akan mengganggu penghasilan kios-kios kecil lainnya yang tersebear di sekitarnya.


Tetapi buktinya antusias warga Pulau Lembeh saat menyambut dibukanya Indomaret di Kelurahan Papusungan  cukup tinggi dan merupakan sambutan paling membuming untuk ukuran kalangan masyarakat Pulau.


Launching toko mini modern tersebut juga menawarkan barang promo yang bikin masyarakat berburu mendapatkan barang-barang tersebut.


Mulai dari sembako, pewangi pakaian, popok bayi hingga cemilan kecil-kecilan tidak lepas dari buruan pengunjung mendapatkan servis dari toko retail tersebut.


Ini terlihat dengan banyaknya pengunjung yang memenuhi ruang Indomaret bahkan menurut beberapa orang cukup berdesakan sehingga membuat karyawan kewalahan.


Ibu Nita salah satu pengunjung Indomaret yang sempat saya tanyakan mengakui sangat terbantukan dengan hadirnya toko modern ini. "torang so nyanda mu ka bitung kalo cuma mu cari kebutuhan yang kios-kios kecil nyanda jual samua so ada" tuturnya dengan tertawa kecil.


Begitu juga dengan Alfamart yang menawarkan beragam promo barang yang mereka jual sehingga memberikan daya tarik bagi masyarakat untuk datang berbelanja.


Hadirnya dua toko retail modern menjadi sebuah magnet terhadap pergerakan ekonomi di Pulau yang di huni hampir 23 ribu penduduk ini (BPS Bitung 2018).


Memang sedikit bertolak belakang saat minimarket ini baru rencana didirikan pada dua tahun silam yakni 2019 ada yang pro dan ada yang kontra.


Namun buktinya tidak ada masyarakat yang dirugikan atas hadirnya dua minimarket ini, mala sebaliknya ada geliat ekonomi baru terbangun baik dari penyedai barang maupun konsumen sebagai penerima barang.


Salah satu pemilik kios kecil di sekitar Kelurahan Batulubang mengatakan tidak ada pengaruh cukup signifikan hadirnya Alfamart di wilayah mereka."biasa saja nyada talalu ba pengaruh, biasa itu kalo ada orang kurang ba beli deng banya" tutur sang ibu sambil tertawa dengan rekannya di teras kios.


Benar kata para pakar ekonomi bahwa terjadinya perputaran ekonomi secara signifikan pada suatu daerah menandakan bahwa ada rating mobilisasi dari sebuah pendapatan masyarakat daerah tersebut dimana itu ada di rata-rata menengah ke-atas.


Dan Pulau Lembeh mendapat perhatian dihadirkannya Indomaret dan Alfamart oleh pemerintah  karena pertimbangan tersebut dan kedepannya Pulau dengan dua Kecamatan ini semakin maju.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update