Notification

×

Iklan

Iklan

Presiden Joko Widodo Pimpin G20 2022 Pemimpin Dunia Beri Apresiasi

Senin, 01 November 2021 | 19.48 WITA Last Updated 2021-11-01T13:05:22Z
Presiden Joko Widodo mematuk Palu di penutupan G20 31/10/2021 Foto: video youtubeg20

 Bidikdot - Presiden Joko Widodo  di dapuk sebagai pemimpin dalam forum kerja sama ekonomi internasional yang dilaksakan di La Nuvola Roma Italia pada pada penutupan G20 Minggu 31Oktober 2021.


Indonesia di percayakan memimpin Group Twenty tidak lepas dari keberhasilan mempertahankan ekonomi dalam negeri di tengah serangan Covid-19 yang di mulai sejak awal Maret 2020.


Tidak hanya itu dibawa kepemimpinan Presiden Joko Widodo wabah Corona berhasil ditekan lebih dari 50% selama periode Agustus-Oktober 2021 semetara negara lain masih berjibaku dengan penanganan covid-19 bahkan ada yang sudah mengalami krisis ekonomi seperti India, Australia dan Inggris.


Dengan demikian cukup menjadi pertimbangan bagi para pemimpin dunia yang tergabung dalam G20 menunjuk orang nomor satu Indonesia itu menjadi Presidensi G20.


Dalam penutupan G20 di Roma Jokowi menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Italia yang berhasil menjalankan Presidensi G20, dan merasa terhormat melanjutkan Presidensi G20.


"Saya sampaikan selamat kepada Italia yang telah sukses menjalankan presidensi G20 di tahun 2021. Indonesia merasa terhormat untuk meneruskan presidensi G20 di tahun 2022," tutur Presiden Jokowi dengan mengetuk palu penutupan G20 Rome Summit.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Presidensi G20 Indonesia akan mendorong upaya bersama dalam pemulihan ekonomi dengan tema besar "Recover Together, Recover Stronger”. 

Pertumbuhan yang inklusif, people-centered, serta ramah lingkungan dan berkelanjutan, menjadi komitmen utama kepemimpinan Indonesia di G20.

"Upaya ini harus di capai dengan cara luar biasa, melalui kolaborasi dunia yang kokoh, dan inovasi yang tiada henti. G20 dapat menjadi motor pengembangan ekosistem yang mendorong kolaborasi dan inovasi. Hal ini yang harus kita perdalam pada pertemuan-pertemuan kita kedepan".jelas Presiden dua periode itu.

Usai menyampaikan legalitasnya sebagai Presidensi G20 Joko Widodo mengundang para pemimpin dunia untuk bertemu pada Oktober 2022 di Pulau Bali.

"Kami akan menjamu yang mulia Bapak/Ibu di ruang terbuka di hamparan pantai indah Bali, menginspirasi gagasan-gagasan inovatif  untuk produktifitas G20 kedepan sampai bertemu di Indonesia terima kasih" terang Presiden Jokowi.

Presidensi G20 Indonesia ini disambut hangat oleh seluruh perwakilan negara-negara usai Joko Widodo menyampaikan sambutannya dan mendapat apresiasi dari seluruh pemimpin dunia.


Salah satunya Perdana Menteri India Narendra Modi memuji dan memberi apresiasi cara kepemimpinan Jokowi yang sabar dan telaten ini disampaikan lewat akun resmi youtube G20.

Presiden Jokowi dan Perdana Menteri India Narendra Modi


Indonesia akan menerima Presidensi G20 dari Italia mulai 1 Desember 2021 hinga 30 November 2022 dan ini adalah sejarah pertama kalinya Indonesia di daulat sebagai pemimpin dunia.

Berita ini juga sudah dipublikasikan melalui akun resmi Sekretariat Kepresidenan dan media-media online tanah air.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update