Notification

×

Iklan

Iklan

Tips Mengatur Keuangan Saat Natal dan Tahun Baru

Selasa, 16 November 2021 | 21.18 WITA Last Updated 2021-11-16T14:18:41Z

 

Ilustrasi gambar editing bidikdot

Bidikdot - Natal maupun Tahun Baru adalah dua moment keagamaan umat Kristiani yang memiliki kaitan erat dengan berbagai persediaan materi jasmani mulai dari kado kecil-kecilan, angpao, pernak pernik  untuk hiasan rumah bahkan sajian makanan istimewah mendapingi kemeriaan tahunan ini.


Seperti perayaan keagamaan lainnya hari Nataru juga adalah kesempatan seseorang untuk mempersiapkan tabungan bila liburan akhir tahun tiba. sehingga tidak heran saat memasuki bulan Januari tabungan pribadi mulai dijalankan dalam rangka hal yang di maksudkan tadi.


Tetapi sangat disayangkan kebanyakan orang salah menafsirakan euforia perayaan hari raya keagamaan tersebut. akibatnya kerugian materi dalam hal ini uang secara sadar disalahgunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan direncanakan.


Kebiasaan buruk seperti membeli minuman beralkohol secara berlebihan , membeli kembang api dengan harga jutaan rupiah dan lain sebagainya menjadi ruang gelap saat merayakan hari sukacita bersama keluarga.


Tentu tindakan ini akan mendantangkan kerugian bila tidak diinisiasi dari awal apa-apa saja yang diperlukan dalam rangka menyambut hari besar tersebut apalagi disituasi sulit seperti saat ini kita butuh tips mengelola keuangan di masa pandemi.


Maka dengan itu kesempatan ini saya akan membagikan cara mengatur keuangan saat hari natal dan tahun baru tiba bagi yang  merayakannya di rumah atau untuk liburan. Artikel sejenis ini  sebetulnya sudah saya buat mengenai Budaya Pemborosan di Hari Natal dan Tahun Baru tetapi tidak mengapa saya tambahkan kiat-kiatnya agar keuangan anda dan saya tetap tersedia.


Beberapa langkah dibawa ini akan menjadi struk perencanaan sebelum menggunakan keuangan anda, untuk itu simak uraiannya:


1.Konsep Perencanaan

2.Petakan Kebutuhan dan Keinginan

3.Tetapkan Anggaran

4.Peninjauan

5.Eksekusi


Konsep Perencanaan Kita semua pasti butuh namanya perencanaan keuangan sebab jika tidak direncanakan maka budget pengeluaran akan tidak terarah penggunaanya alias bohong. Tetapi jika anda punya konsep apa-apa saja yang diperlukan saat hari libur Nataru tersebut maka saya yakin keuangan anda bisa terjaga.


Buat notulen konsep bila akan merayakan natal tahun baru di rumah contoh:


a. Siapa saja yang akan anda undang untuk makan bersama.

b. Siapa saja yang akan anda kasih hadiah atau ole-ole

c. Siapa saja yang akan kaum duafa yang akan anda bantu.

d. Lain-lain.


Bila akan berlibur diluar rumah maka contoh konsepnya seperti ini:


a. Tentukan dua tempat untuk pilihan jika di Bali dimana saja itu

b. Jika antar perjalanan luar negeri negara apa saja itu

 

Alasan hanya memilih dua tempat saja karena akan merampingkan keinginan pilihan anda sehingga budget dapat disesuaikan tinggal dilihat jika di Bali hotel atau resort mana yang cocok dengan kantong anda dan tidak perlu berlebihan tetapi jika punya keuangan lebih tidak masalah memilih lebih dari 2 tempat.


Petakan Kebutuhan dan Keinginan Dua hal ini tidak bisa disamakan sebab sangat berbeda, maka dengan itu perlu dipisahkan mana yang jadi kebutuhan anda seperti:


a. Biaya Kesehatan

b. Biaya Sekolah

c. Persediaan makanan yang cukup

d. Biaya tidak terduga 


Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang memaksakan kehendak meskipun anda telah memilikinya.

Contoh: saat browser di media sosial atau di google ketemu dengan smartphone varian baru dengan fasilitas teknologi lebih baik dari yang anda punyai sebelumnya dan anda berniat membelinya.


Inilah yang disebut dengan keinginan padahal tidak dibutuhkan sebab anda masih punya smartphone android yang masih bagus intinya hindarilah hal-hal seperti ini.


Tetapkan Anggaran Setelah kedua bagian pertama tadi sudah terkonsep maka saatnya menetapkan uang yang akan dibelanjakan. sekali-kali jangan keluar dari pokok anggaran. jika secara keseluruhan anggaran anda Rp 5000.000 (lima juta rupiah) maka uang ini yang akan dibelanjakan.


Peninjauan Hal ini dimaksudkan adalah memeriksa kembali anggaran yang sudah ditetapkan tadi jika berlebihan anda dapat menguranginya sesuai dengan yang dibutuhkan. Bila sudah merasa pas maka tindakan selanjutkan musyawarakan dengan keluarga anda baik Suami maupun Istri.


Bila anda seorang bujangan diskusikan dengan orang tua anda atau saudara.


Eksekusi Tindakan terakhir adalah membelanjakan anggaran yang sudah disepakati bersama dalam keluarga. namun perlu diingat jika budget belanja anda untuk pasar-pasar tradisional ataupun konvensional jangan berbelanja di swalayan atau di mall  jelas konsep anda akan mubasir.


Tetapi bila anda ikut cara main yang sesuai perencanaan maka dipastikan diperayaan hari raya berbahagia keuangan anda akan aman paling tidak satu bulan kedepan.


Kesimpulan

Stop menyediakan minuman beralkohol dirumah anda dan membeli kembang api untuk malam tahun baru secara berlebihan sebab dari sudut pandang ekonomi tak ada gunanya dan sangat tidak  disarankan.


Hal lain tidak kalah menariknya adalah hindari menyajikan berlebihan makanan yang mudah rusak dan tidak tahan dalam penyimpanan.


Mungkin ini saja seputar bagaimana 5 tips mengatur serta mengelola keuangan dirumah saat hari natal dan tahun baru tiba kiranya bermanfaat.


zarahclayen/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update