Notification

×

Iklan

Iklan

Ivander Jonathan Maestro Fisika Sedunia

Minggu, 16 Juni 2019 | 09.00 WITA Last Updated 2021-11-09T13:50:18Z
Gambar Pribadi Jonathan 

Bidikpendidikan - Merah Putih kembali di harumkan di daratan Eropa oleh seorang Siswa yang bernama Ivander Jonathan Marella Waskito pada ajang lomba Fisika Sedunia yang di laksanakan di Eropa tepatnya di negara Latvia kota Riga.

Siswa SMA Mawar Sharon Christian Surabaya ini, mengalahkan 250 Peserta dari 35 Negara yang turut ambil bagian dalam European Physics Olympiad (Eupho) 2019.

Olympiade Fisika sedunia ini di laksanakan pada tanggal 30 mei s/d 4 Juni 2019.Ivander mengalahkan para siswa-siswa SMA yang sudah terkenal sebelumnya di materi mata pelajaran Fisika seperti Rusia, Singapura, dan Amerika serta China.

ada 5 siswa SMA yang ikut dalam ajang ini yaitu Yuwanza Ramadhan dari SMA Negeri 1 Depok, Nixon Widjaja dari SMAK IPEKA Plus Tanggerang Gusti Putu Surya Govinda dari SMA Kesatuan Bangsa dan Daffa Fathani dari SMAN 8 Jakarta.


dalam kompetisi ini ada dua tahapan yang harus di lalui para peserta yaitu Fisika eksperimental dan Fisika Teoritis dan waktu yang di berikan hanya 5 jam.

"Indonesia memang baru pertama kali ikut kompetisi fisika tingkat Eropa. dan tesnya pun sangat berbeda dengan level Asia. Itu yang sempat membuat  kita kaget pas tahu soal-soalnya," kata Ivander kepada Basra, Jumat (14/6)  sebagaimana yang di kutip dari halaman Kumparan.com

"Soalnya memang cuma tiga tapi sangat menguras pikiran. Puji Tuhan, kita bisa menyelesaikannya dengan baik," ungkap Ivander.

Indonesia sendiri membawa 5 medali di antaranya untuk medali Emas disabet oleh Ivander Jonathan sedangkan medali perak di raih oleh Yuwanza Ramadhan dari SMA Negeri 1 Depok, Nixon Widjaja dari SMAK IPEKA Plus Tangerang dan medali Perunggu di raih oleh Gusti Putu Surya Govinda dari SMA Kesatuan Bangsa dan Daffa Fathani dari SMAN 8 Jakarta.

Bagi Ivander ini adalah medali yang ke 4 di tahun 2019  yang di raihnya pada European Physics Olympad.yang sebelumnya tahun 2015 di Korea Selatan, 2018 di Medan dan 2019 di Adeleide Autralia.

Jika melihat prestasi yang sudah di torehkan oleh Ivander untuk Indonesia layaklah dia disebut sebagai Maestro Fisika sedunia. Anak kedua dari tiga bersaudara ini rencananya akan melanjutkan
pendidikannya di Singapura."Rencananya kuliah di Singapura ambil jurusan computer engineering,"ungkapnya pada kumparan 14/6.


deny/BDC

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update