Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Hindari Ubanan di Usia Muda

Senin, 17 Mei 2021 | 20.38 WITA Last Updated 2021-05-17T13:38:04Z

 

Gambar Ilustrasi Pixabay


Bidikdotcom - Diantara kita para kaum milenial pasti akan merasa risih dan jengkel jika bagian rambut yang sering jadi pusat perawatan telah tumbuh ubanan atau rambut putih.


Beberapa faktor ubanan di usia muda terjadi karena hal-hal berkenan dengan aktivitas keseharian  seperti sering gonta ganti shampo, minyak rambut, pewarna ataupun karena keturunan. bagi seorang anak muda tentu hal ini sangat mengganggu terhadap apa yang dikerjakannya setiap hari.


Tumbuhnya rambut putih diusia muda memang berdampak pada performa seseorang meskipun  tren hari ini rambut ubanan diubah menjadi sebuah model kekinian dan modern.


Hal ini bisa dilihat dari beberapa model rambut artis maupun para olaragawan yang mengecek rambut hitam mereka dengan warna putih seolah mereka benar sudah ubanan padahal itu adalah tren atau model hari ini dalam dunia modern.


Tentu lepas dari perspektif diatas,  tetap siapapun dia jika rambutnya diketahui telah memutih apalagi diusia muda pasti akan mengganggunya.


Berikut ini tips sederhana bisa di praktekan bila ada dari anda tumbuh ubanan di usia 20-an


Jangan Ganti Shampo - Seperti yang sudah disampaikan diawal catatan ini bahwa salah satu pemicu terjadinya ubanan saat anda masih muda adalah sering mengganti shampo keramas.bila anda ingin mengganti Shampo cukup dua jenis saja jangan lebih.


Sebab selain memunculkan umbanan di usia dini juga bisa merusak ketahanan rambut dikepala atau kerontokan.


Jangan Mengecat - Cat rambut (menghitamkan) memiliki senyawa kimia yang bisa memberikan efek tambahan terhadap ubanan. sehingga jika rambut anda sudah ada tumbuh ubanan tidak perlu mengecatnya karena kemungkinan besar rambut akan mengalami perubahan warna saat cat rambut masa bertahannya selesai.


Pengalaman saya 7 orang yang mengecat rambut karena ubanan 5 diantaranya mengalami penambahan rabut putih bahkan ada yang lebih para, setiap rabutnya di cat maka semakin banyak rambut ubanan bersangkutan.


Minyak Rambut/Pomade - Sering bergonta ganti minyak rambut atau pomade bisa mengakibatkan terjadinya ubanan di usia dini. Bila ada dari anda memiliki warisan keturunan sebaiknya hindari poin ketiga ini.


Ketombe Berlebihan - Ketombe yang berlebihan atau kotoran kepala dapat memicu terjadinya ubanan di masa muda sebab ada refrensi akibat ketombe yang tidak hilang maka rambut putih pun bermunculan dibeberapa area rambut, meski informasi ini belum ada riset ilmia yang menyatakannya.


Abu Semen - Abu semen dapat menyebabkan seseorang cepat mendapat ubanan karena sisa semen yang kadang tertinggal dibagian rambut dan sulit dibersihkan. ini bisa terjadi bagi mereka yang bekerja di gudang-gudang penyimpanan semen atau di toko-toko bangunan.


Sabun Batangan - Jenis sabun seperti Cap Kucing dan sejenisnya juga dianggap memicu terjadinya ubanan secara cepat meskipun usia seseorang masih termasuk kategori anak muda. maka hindari sering mencuci rambut dengan jenis sabun seperti ini. (info sharing dari mereka yang mengalami)


Keturunan - Berbagai cara apapun dilakukan agar tidak terjadinya ubanan bila anda memiliki warisan keluarga sejak nenek moyang maka hal ini tidak bisa dihindari solusinya adalah bijaksanalah merawat tubuh anda termasuk rambut seperti dalam bahasan saat ini.


Ubanan merupakan bawaan hidup manusia yang tidak bisa di hindari, saat seseorang memasuki usia dewasa. namun dimasa muda anda sudah mengalaminya itu berarti beberapa hal yang diurai diatas tanpa sengaja anda lakukan selain faktor keturunan tadi.


Maka mulailah mencintai dan merawat tubuh anda termasuk rambut sebagai karunia indah di titipkan Tuhan bagi anda. Salam sehat.


Admin

Tag Terpopuler

×
Berita Terbaru Update