Alexa Media Pemeringkat Situs Dunia Resmi Tutup 1 Mei 2022

25 tahun beroperasi Alexa.com tutup 

Bidikdotcom Situs pemeringkat seluruh jejaring website dibelahan dunia Alexa.com menyatakan diri menutup seluruh aktivitasnya mulai 1 Mei 2022 mendatang.

Anak perusahaan Amazon yang diakuisisi pada tahun 1999 ini, menyediakan layananan berbasis Traffik Web terhadap media digital diseluruh penjuru dunia dengan sistem berbayar maupun gratisan ini tidak dapat diakses lagi sebagaimana pengumuman resminya dimulai pada Oktober 2021 lalu.

Dalam kolom website resmi Alexa.com menulisnya sebagai berikut:

Kami akan menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022 Dua puluh lima tahun yang lalu, kami mendirikan Alexa Internet. 

Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami telah membuat keputusan sulit untuk menghentikan Alexa.com pada 1 Mei 2022. 
Terima kasih telah menjadikan kami sumber daya utama Anda untuk riset konten, analisis kompetitif , penelitian kata kunci, dan banyak lagi. Kami bangga melayani Anda sebagai pelanggan. Terima kasih dengan tulus, Tim Alexa.com
Tidak ada detil rincian alasan pihak Amzon ditutupnya layanan internet publisher tersebut dimana mengkonversi keseluruhan kemajuan sebuah situs mulai dari analisis kompetitif, marketing mix, trafik web serta keyword.
Meski demikian bagi pengguna berbayar, pihak Alexa tidak serta merta mendiskualifikasikan akun yang sudah terkoneksi sebagai langganan, pengguna masih tetap bisa mengakses akunnya hingga mei mendatang sambil dapat beralih ke layanan trafik web yang lain.
Sedangkan untuk layanan apps nanti ditutup pada 15 Desember 2022 tahun ini.
Kehadiran Alexa dalam media online baik itu blogger, wordpress maupun market digital serta media berita dunia memberikan dampak cukup signifikan bagi mereka mengelolanya.
Pasalnya peringkat Alexa menjadi salah satu ukuran situs maupun konten bercokol di halaman depan google atau mesin pencari lainnya.
Demikian juga dengan Alexa Rangking Indonesia dari media bloggeran publisher telah menjadi barometer bahkan semacam surfive baru dalam mendatangkan pundi-pundi penghasilan. 
Meski Alexa, situs trafik dengan pengguna terbanyak dunia ini  tidak bisa diakses lagi tetapi layanan serupa masih bisa digunakan seperti Semrush, Ubersugest, Ahrefs, Moz dan Similiarweb.
Lalu lintas (traffik) ataupun keterlibatan pengunjung dalam situs anda (engagement) tidak kalah menariknya juga disedikan ke-5 layanan trafik web diatas walau memang harus diakui masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya tinggal dari pengguna bijak memilihnya.
Kalau  admin memilih Semruh dan Moz lebih ringan dan mudah digunakan keyword yang ditawarkan pun lumayan banyak meski akses gratisannya hanya 3 kali sehari.
deny-penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *