Tips  

Tips Mudik Lebaran 2022 yang Nyaman, Aman, Terkendali dan Selamat Sampai Tujuan

 

Gambar editing by bidikdot
Bidikdotcom Hari Raya Idul Fitri 2022 tinggal menghitung hari, mudik yang menjadi ikon setiap menjelang lebaran kini dapat dinikmati masyarakat Indonesia usai pemerintah memberi kelonggaran mudik setelah 2 tahun lebih tinggal dirumah karena sebaran Covid-19.
Pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa masyarakat dapat mudik dan pulang kampung berkumpul dengan keluarga tahun ini terasa membayar dahaga para perantau ataupun warga masyarakat yang ingin berjumpa keluarga setelah terpisah karena pandemi covid.
Antusias warga pun langsung membludak setelah mendapat izin mudik dari pemerintah bahkan menjadi pemberitaan terviral media online maupun offline disepanjang 2 minggu terakhir ini.
Tanpa menunggu lama ada warga yang telah mudik setelah 3 hari ibadah puasa dijalankan dengan alasan tidak ingin berdesakan dan takut tidak mendapat tiket baik lewat perjalanan darat, laut dan udara.
Tentu dari euforia mudik tadi setiap pemudik butuh perencanan matang agar perjalanan bersama keluarga  tidak hanya nyaman aman dan terkendali tetapi juga selamat sampai tujuan.
Berikut adalah tips mudik Lebaran 2022 yang dapat anda terapkan dalam perjalanan mudik tahun ini bersama keluarga.
1.Pastikan Sudah Vaksin Ke-2
Meski pemerintah telah memberi kelonggaran mudik bukan berarti syarat serta ketentuan protokol kesehatan diabaikan mengingat masih menyebarnya wabah corona di tanah air meski sudah melandai. 
Vaksin menjadi prioritas saat anda pulang kampung agar tidak membawa wabah baru dilingkungan kampung yang jadi tujuan anda. 
Demikian juga masker masih menjadi pendamping kemanapun anda pergi termasuk dalam perjalanan mudik. Pastikan anda dan seluruh anggota keluarga telah di vaksin termasuk vaksin ke-3 Booster.
2.Siapkan Barang Bawaan Secukupnya
Bagian ini kadang jarang diperhatikan para pemudik, saking senangnya berjumpa dengan keluarga dan ingin memberikan hadiah atau oleh-oleh buat orang di kampung barang yang hendak dibawa telah melewati kapasitas dalam kendaraan sehingga isi mobil semakin sesak.
Bila menggunakan moda transportasi umum maka anda akan kena biaya tambahan karena banyaknya barang yang dibawa.
3.Servis Kendaraan Seminggu Sebelum Mudik
Jika anda menggunakan mobil pribadi pastikan servis secara detil seminggu sebelum perjalanan mudik anda. Kenapa harus seminggu sebelumnya, ini perlu menjaga agar kontrol terhadap kendaraab tersebut lebih  terjaga jauh sebelum hari-H perjalanan anda.
Sebab jika ada masalah dengan kendaraan hendak digunakan maka durasi perbaikan tidak terburu-buru karena masih ada sisa waktu. dan jika mobil tersebut masih bermasalah anda tidak perlu menggunakannya beralihlah ke transportasi umum atau kepada jasa sewa mobil terpercaya.
4.Persedian Obat-Obatan
Hal ke-empat tidak kalah pentingnya adalah stok obat-obatan yang harus tersedia mendampingi perjalanan mudik anda. Vitamin, Obat Mag dan anti mual jalanan wajib disiapkan apalagi mudik dengan jarak tempuh cukup jauh.
5.Gunakan Sopir Cadangan
Sudah disentil dinomor 4 tadi bahwa jika perjalanan mudik anda cukup jauh maka gunakanlah sopir cadangan menggantikan anda, ini penting agar tidak terjadi kelelahan secara serius dan akhirnya membuat anda sakit.
6.Beristirahat Jika Kelelahan
Sebagaimana arahan pihak berwajib baik itu dari Kepolisian maupun penjedia layanan transportasi umum bagi pengendara roda dua maupun roda empat istirahat dapat dilakukan setiap 2 jam perjalanan.
Carilah tempat-tempat yang telah ditentukan pihak pengelola jalan raya maupun tol sebagai rest area untuk istirahat. Hindari istirahat ditempat sunyi yang jauh dari titik kumpul orang banyak.
7. Pastikan Pecahan Rupiah Tersedia
Sebelum anda mudik persediaan uang pecahan rupiah sudah siap anda bawa mengingat dibeberapa titik jalan kemungkinan tidak ada ATM tersedia sehingga memudahkan jika ada keperluan belanja kecil-kecilan untuk kebutuhan perjalanan.
8.Gunakan Transportasi Rekomendasi
Bila anda menggunakan jasa transportasi umum maka pastikan bahwa itu adalah rekomendasi dari pemerintah. hindari menggunakan transportasi abal-abal yang kemungkinan pungutan biaya tiketnya cukup mahal serta tingkat keamanan kendaraan tersebut masih diragukan.
9.Pastikan Anggota Keluarga Sehat
Dua atau tiga hari sebelum anda mudik pastikan seluruh anggota keluarga yang akan ikut semuanya dalam kondisi fit dan sehat. Jangan memaksakan diri jika ada dari anggota keluarga sakit sebab bila ini tetap anda paksakan maka kemungkinan besar perjalanan anda tidak akan nyaman.
10. Pastikan Rumah Aman Saat Ditinggal
Bila anda tinggal di perkotaan keamanan rumah perlu dijaga meski harus ditinggal pergi. Menghindari terjadinya pencurian dirumah, anda dapat menggunakan jasa tetangga untuk menjaganya atau orang yang anda percayai untuk dapat tinggal dirumah selama anda pergi.
Itulah beberapa tips mudik lebaran tahun 2022 yang dapat anda terapkan saat perjalanan menuju kampung halaman dan berjumpa dengan keluarga tercinta penuh selamat.
ined(bdc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *