Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Cara Memasak Nasi yang Benar Dapat Menambah Imunitas Tubuh

Rabu, 14 Juli 2021 | 15.08 WIB Last Updated 2021-07-15T00:41:26Z

 

Ilustrasi gambar by bidikdot


Bidikdotcom - Solusi pemerintah memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menerapkan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mengingat pandemi masih sangat meningkat di beberapa daerah.


Gaya hidup sehat merupakan kebutuhan mandiri yang tidak dapat dipisahkan dengan aktivitas seseorang mengingat dunia bahkan Indonesia sedang mengalami krisis kesehatan.


Enggan berobat kerumah sakit masyarakat memilih rawat dari rumah karena merasa semacam ada ketakutan jangang-jangan bila dirumah sakit akan divonis tim medis inilah itulah sehubungan dengan kondisi sekarang ini.


Maka dengan itu pola hidup sehat menjadi Tips utama  untuk mempertahankan imun tubuh dari serangan berbagai virus berbahaya.


Salah satu bentuk mempertahankan imun tubuh adalah memperhatikan secara serius cara mengola mekanan didapur dan yang paling dekat dengan komsumsi keseharian seseorang adalah nasi.


Nasi merupakan makanan harian masyarakat Indonesia yang bisa ditemui dimana saja  mulai dari rumah hingga kedai-kedai penjual makanan dan cara mengolanya pun sangat gampang.


Tetapi makanan dari bahan pokok beras ini perlu dimasak yang benar sebab ditengah pemberlakuan PPKM darurat makanan utama ini harus tersaji secara sehat dan higinis agar imunitas tubuh dapat bertahan dari serangan virus.


Kita tidak pernah tau saat diisi dalam karung ada berbagai kotoran ataupun bakteri baik dari orang yang bekerja  menyuplay beras maupun saat dibeli dari toko.


Maka dengan itu perlu cara memasak nasi yang benar sehingga menghasilkan makanan  menyehatkan buat menambah imun tubuh, berikut caranya :


1. Beras di Jemur 

Terdengar aneh tetapi perlu dilakukan lankah pencegahan sebelum memasaknya. kenapa beras harus di jemur agar kotoran didalam beras mungkin saja mengandung bakteri sehingga bila terkena matahari bakteri tersebut sebagiannya bisa mati, Durasi penjemurannya cukup 15-20 menit saja kemudian ditapis. 


2. Cuci Beras dengan Membilasnya Beberapa Kali

Bila diyakini  sudah bersih dan siap dimasak maka cuci beras tersebut hingga 3-5 kali, tetapi untuk beras bulog anda bisa mencucinya 8-10 kali.


Usahakan jangan memakai air mentah bila dimasak dalam rice cooker pakailah air rebusan yang mendidih atau diaruh harus didihkan air terlebih dahulu baru beras dimasukan dalam belanga dan selanjutnya dikukus hingga matang.


Untuk beras seperti superwin dan beras dalam kemasan plastik kalau di cuci hingga beberapa kali air menanaknya di kurangi, hal ini menghindari agar nasi tidak lembek


Sebab bila beras dengan kandungan lemak tinggi seperti disebut tadi dicuci berulang-ulang maka kadar lemaknya berkurang dan bila kelebihan air jadinya akan seperti bubur yang dikeringkan airnya.


Cara ini juga menghindari warna nasi cepat berubah warna biasanya kuning gelap dan cenderung bertahan hingga dua hari bila dalam tempat nasi elektronik.


3. Simpan Beras di Kontainer Plastik.

Sebelum memasukan beras kedalam kontainer pastikan beras sudah dibersihkan terlebih dahulu kotorannya baik beras dalam karung maupun dalam kemasan plastik. Anda juga dapat menyimpan beras dalam stoples berukuran sedang dan usahakan ditutup rapat.


Hindari menyimpan beras dalam kaleng yang cepat berkarat karena bisa berbahaya dan jangan terlalu lama juga dibiarkan dalam kemasan karung.


Itulah beberapa cara memasak nasi yang benar dan menghasilkan makanan sehat dalam rangka memberikan protein sehat untuk menjaga ketahanan tubuh ditengah pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat oleh pemerintah, tetap sehat dan selalu berdoa kepada Tuhan agar pandemi ini cepat berlalu.


deny/BDC

×
Berita Terbaru Update