Cara Setting Parabola Yang Benar Agar Siaran Tidak Teracak

Bar Sinyal dari salah satu siaran di Satelit Apstar 6A Gambar bidikdot

Bidikdotcom Parabola adalah sejenis perangkat khusus yang berfungsi sebagai alat menangkap siaran televisi dari seluruh penjuru dunia yang di konversikan melalui satelit-satelit pemancar yang disewa oleh para provider tv di masing-masing negara.

Dari fungsi penyiaran parabola di bagi atas 2 bandwit yakni C-Band dan KU-Band sementara dari segi penggunaanya parabola memiliki beberapa peralatan penunjang seperti LNB dan Receiver serta piringan atau disebut dish.
Tanpa beberapa peralatan tadi maka siaran dari satelit parabola kemungkinan besar tidak akan muncul, terkecuali anda menggunakan jalur siaran streaming yang memakai kekuatan internet.
Untuk mendapatkan channel televisi dari beberapa satelit anda harus memiliki keahlian dalam bidang ini serta memahami secara jelas spesifikasi dari peralatan tersebut, sebab jika tidak maka jangan harap anda mendapatkan hasil tepat dari apa yang dimaksudkan dalam artikel ini.
Bila anda seorang pemula yang berprofesi dalam penyetelan parabola (tracking) maka anda berada diruangan yang tidak salah karena anda akan dituntun oleh beberapa penjelasan bagaimana cara setting parabola yang benar.


Kualitas siaran diera siaran tv digital hari ini merupakan sebuah kemajuan yang cukup signifikan bagi pengguna televisi di tanah air meskipun masih menggunakan antena terrestrial.

Teknologi dari sistem penyiaran Nasional kini bisa dinikmati dengan televisi tabung yang catatannya  sedikit tertinggal dengan varian televisi layar datar namun menghasilkan gambar yang cukup jernih.
Demikian juga dengan kualitas siaran parabola dari pancaran langsung satelit dimana hingga hari ini memiliki performa yang terus berinovasi baik dari modulasi Mpeg2, Mpeg4 hingga High Definition dari dukungan modul DVB-S2.
Kesempatan ini saya hendak menjelaskan cara mencari siaran satelit parabola dengan teknik tracking piring parabola terhadap satelit-satelit yang sulit dijangkau.

Bagi sebagian orang belajar tracking satelit tv parabola adalah hal membosankan dan tidak masuk akal sebab selain harus berpanas-panasan di terik matahari atau basah-basahan karena kehujanan dalam mencari siaran,  pekerjaan ini juga membutuhkan fisik yang kuat serta nyali tinggi, karena beberapa posisi dish (piringan) berada di ketinggian gedung atau diatas atap rumah.

Itulah sebabnya kebanyakan masyarakat awam kurang berminat dengan metode kerja satu ini dan lebih memilih televisi berbayar yang dianggap lebih simpel dan tidak ribet cara pemasangannya.
Indonesia menjadi salah satu negara di Asia Tenggara dengan bisnis channel tv berbayar tersubur
Seperti Piala Dunia 2018 angka penjualan pay tv K-Vision  yang mendapat hak siar  menyebutkan ada kisaran 80% minat masyarakat membeli produk lisensi berbayar mereka dan berhasil tembus 5 juta pelanggan diseluruh tanah air. keuntungan yang fantastik bagi dunia penyiaran premium.

Peluang pasar ini benar-benar menarik perhatian para pebisnis menjalankan usahanya sebab dunia tracking parabola tidak terlalu dikenal  secara umum, karena alasan tadi.

Apalagi mengenai istilah-istilah dalam dunia parabola kadang terdengar asing,  maka siaran berbayarlah pilihan utama menjawab kebutuhan tontonan seseorang dirumah.

Itu sedikit pengenalan tentang bisnis siaran berbayar.

Tetapi tahukah anda bahwa tanpa ikut paket berbayar pun bisa menikmati tontonan gratis berkualitas seperti iven Piala Dunia, Piala Eropa, MotoGP, Badminton dan iven sport lainnya 

Lantas dari mana mendapatkannya! jawabannya  tracking parabola

Potennsi ini dapat di manfaatkan dengan baik serta dimaksimalkan agar tidak banyak biaya berlangganan setiap bulannya keluar dari kantong anda.

Tracking parabola merupakan jalan pintas menekan anggaran  dari berlangganan pay tv  dengan beragam pilihan harga seperti paket sport, film dan dokumenter. Selain itu juga metode ini adalah cara membuat siaran berbayar menjadi gratis walau sifatnya hanya relatif atau tergantung pada penyedia layanan siaran.

Bagi seorang teknisi parabola, ia harus mengerti beberapa satelit yang menjadi posisi orbitnya,  

kedua ia harus mengetahui “pancaran beam” sebuah satelit terhadap siaran disuatu wilayah tertentu apakah terjangkau atau tidak sehingga tidak menguras waktu anda saat bekerja

Bila kedua  hal disebutkan diatas di pahami seorang yang berkecimpung dalam pekerjaan menyetel parabola baik mini maupun piringan besar maka dipastikan ia akan sukses menjadi teknisi parabola profesional

Hal lain yang tak kalah pentingnya harus di perhatikan adalah peralatan parabolanya mulai dari dish atau piringan, LNB, Receiver, disect dan kabel antena tv.  ke lima komponen ini perlu dimengerti oleh seorang teknisi parabola.

Bagaimana kita mengatur jika siaran yang akan dibidik tidak teracak secara permanen atau bisa di tonton dengan baik tanpa ada gangguan apapun?

Berikut panduan lengkap cara pasang parabola yang benar agar saat tracking semua siaran pada satu satelit bisa ditemukan dan ditonton dengan baik tanpa teracak. 


1. Antena Parabola berdiameter 185 cm meter  dish parabola ini merupakan ukuran standar dari ukuran parabola ada di pasaran yang disebut dengan 6 feed jika anda punya lebih besar akan lebih baik seperti 7 feed dan seterusnya.

2. Receiver Parabola  alat yang disebut juga sebagai settop box ini harus di suport dengan dukungan materi isi di dalamnya komplit yang telah mendukung beberapa vitur unggulan dengan bisa membuka Biss, Powervu dan Tanberg. tiga istilah pengacakan ini perlu tersemat di dalam sebuah receiver.

3. LNB  Bagi Lnb C Band ukuran kualitas standar dari kepekaan menangkap sinyal adalah 10-13 kelvin sebab ukuran ini akan sangat sensitif menangkap sinyal dari siaran feed seperti di satelit Asiasat 5 untuk feed bola dan satelit Chinasat 10 khusus La Liga.

4. Disect  peralatan satu ini semacam terminal penghubung ke beberapa Lnb dari 2 atau tiga satelit menjadi tujuan pencaharian sebuah siaran. 

Rekomendasi beberapa master parabola disect merek getmecom cukup bagus untuk penggabungan beberapa Lnb.

5. RG6 Merupakan kabel berkualitas tinggi dari produk sebelumnya, karena memiliki pembungkus yang tebal dengan lapisan kabel tembaga cukup keras.

6. Tiang Parabola  Paling bagus berasal dari besi galvanis yang tebal sebab ada dari toko sangat tipis dan cepat berkarat sehingga akan mengganggu proses tracking jika suatu waktu kita akan memindahkan arah piring parabola pada siaran yang lain. 

dan untuk pengecoran tiang parabola posisinya benar-benar ada di titik nol sehingga di sarankan untuk memakai waterpass sehingga tiang lurus,

Bila ke enam poin diatas tersedia maka kita akan berhasil melakukan settingan parabola pada sebuah siaran yang akan menjadi tujuan dan akan sangat memuaskan bila apa yang dicari dapat ditemukan dengan gambar siaran  yang bagus tidak seperti kaset CD rusak.

Menyetel parabola 


Jika semua peralatan disebutkan diatas selesai terpasang langkah selanjutnya adalah mencari siaran (tracking parabola) pada tahap ini anda di tuntut penuh kesabaran apalagi suhu panas dari terik matahari  menjadi bagian anda dalam  bekerja.

Sekarang posisi piring parabola ada di titik nol lobang tengahnya benar-benar sejajar dengan tiang yang telah berdiri kuat dan sangat lurus. 

Contoh siaran  menjadi bidikan dalam bahasan ini adalah Satelit Apstar 6A pada posisi orbit 134 bujur timur frekuensi 4053 H 10400.


Siaran televisi di satelit ini merupakan milik pemerintah Kamboja dimana akan menyiarkan Piala Eropa 2020 secara gratis namun tertunda hingga 2021. Bukan hanya itu channel tv di satelit ini juga menjadi langganan menyiarkan Liga Spanyol.

Langkah pertama adalah memastikan televisi dan receiver telah on dan terkoneksi semua dengan baik  selanjutnya tampilkan bar sinyal dari frekuensi tertulis diatas pada pengaturan dalam receiver lewat remot receiver dan selanjutnya tinggal kita monitoring apakah ada pergerakan sinyal atau tidak.

Bagi pengguna setop box Getmecom Super Plus dapat menekan langsung tombol warna kuning di remot atau lewat menu > Install > Antena Setting. 

Posisi Lnb ada pada garis angka 38-40 dengan arah selatan  tenggara,  kunci dengan baik baut penahan Lnb agar tidak jatuh saat tracking, sebelum memulai pencaharian siaran besi penyangga di longgarin, kemudian angkat posisi dish parabola hingga arah pukul 12.00 

lalu miringkan dish parabola kearah timur seperti dudukan jam 13.35 jika sudah pada posisi jam tersebut geser sedikit ke selatan sesuai arah jarum jam.

Perhatikan bar sinyal di televisi jika sudah ada pergerakan sinyal geser perlahan kiri kanan, atas bawa sampai benar-benar sinyal full dan siaran tidak seperti CD rusak, bila ini berhasil di lakukan maka anda telah mendapatkan siaran bola tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Setelah sinyal dari frekuensi diatas benar-benar pada posisinya dan siaran televisi sudah seperti layar normal, 

lakukan dengan perlahan baut penyangga (4 buah) yang di longgarkan saat memulai penyetelan kedudukan siaran anda kencangkan kembali agar dish parabola tidak bergeser dan terakhir pasangkan besi penyangga panjang sebagai penahan dish agar tidak terganggu dengan benda lainnya.

Catatan saat  melakukan tracking parabola hindari pada sekeliling dish parabola ada pepohonan rimbun, dinding bangunan dan wadah lainnya yang dapat mengganggu dish menangkap siaran tv.

Sinyal di satelit Apstar 6A ini  bisa di bilang cukup lumayan meluber sehingga tidak menyulitkan  untuk mendapatkannya. Alternatif ini bisa dicoba bila kewalan berlangganan paket berbayar pay tv  apalagi saat ini sedang menghadapi ekonomi yang sulit karena pandemi covid-19. 

Kesimpulan

Bila semua rankaian peralatan parabloa sudah tersedia lengkap maka dipastikan settingan parabola akan tidak terkendala dan apa yang anda cari pasti ditemukan. Inilah tips bagaimana mendapatkan siaran dari satelit parabola yang diinginkan sehingga bisa ditonton dengan gratis tanpa diacak.

loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *