Daftar Siaran Televisi Siarkan Piala Dunia Wanita 2023 Australia dan Selandia Baru

 

 Amerika Serikat Juara Womens World Cup Prancis 2019 (foto:fifa)
Bidikdotcom FIFA Women’s World Cup 2023 akan digelar di Australia dan Selandia Baru pada 20 Juli hingga 20 Agustus mendatang. Beberapa daftar siaran televisi menyiarkan iven ini ada sederet channel tv yang sudah tidak asing lagi di publik pecinta sikulit bundar.
Dari satelit parabola PPTV HD36 milik pemerintah Thailand masih menjadi unggulan siaran free to air untuk gelaran piala dunia kaum hawa tersebut. ini adalah iven ke-2 setelah 2019 di Prancis siaran dengan moto sportnya “world sport” yang mendiami satelit Thaicom 5/6 menyiarkan secara langsung pertandingan bergengsi sepakbola empat tahunan perempuan tersebut.

Tidak hanya itu PPTV HD Thailand Siarkan MotoGp Musim 2023 sebagai komitmen pemerintah mengsejahterakan rakyatnya dalam segi tontonan olahraga, hanya saja untuk Piala Dunia U20 Indonesia tidak ada kabar apapun dari televisi negeri Gajah Putih ini untuk menyiarkannya. 

Indonesia sendiri hak siar dipegang oleh MNC Media Group yakni iNews, Soccer Channel, MNC Sport dan platform digitl Vision Plus.
Berikut dibawa ini daftar siaran tv akan menyiarkan piala dunia 2023 di wilayah Asia
1.PPTV HD36 (Thailand) Parabola C-Band/Ku-Band
2.iNews, Soccer Channel, MNC Sport (Indonesia) Parabola C-Band/Ku-Band
3.VTV HD (Vietnam) Parabola C-Band
4.RTS 1 (Serbia) Parabola Ku-Band
5.ASTRO, RTM (Malaysia) Parabola Ku-Band/C-Band
6.Ary Digital Network (Pakistan) Parabola C-Band
PPTV HD36 – Berada di satelit Thaicom 5/6 dengan posisi orbit 78.5 bujur timur dimana siaran tersebut menjadi buruan para tracker parabola termasuk di tanah air. channel tv ini dapat dikatakan gratis karena acakannya yang familiar, tetapi pada gelaran piala dunia Qatar 2022 lalu PPTVHD mengacak tayangannya sehingga tidak bisa dibuka dengan jenis receiver parabola biasa.
MNC Media Group – iNews, Soccer Channel, MNC Sport adalah televisi berbayar Indonesia dari K-Vision ataupun MNC Vision yang posisi orbitnya 93.5 bujur timur di satelit Measat 3A/3B dengan pengaturan frekuensi LNB Ku-Band dan C-Band.
Untuk mendapatkan siaran ini anda harus membeli paket berbayar yang tersedia pada vendor televisi K-Vision.
VTV HD – Merupakan siaran Vietnam menempati satelit Vinasat 1 dengan posisi orbit 132 bujur timur siaran ini juga dapat dijangkau gratis pada program acara harian, namun belum diketahui untuk iven piala dunia wanita 2023 apakah akan diacak permanen atau tidak.
RTS 1 – Adalah siaran milik negara Serbia dapat dijangkau secara fta pada satelit Intelsat 19 di posisi orbit 166 bujur timur dengan pengaturan frekuensi parabola Ku-Band
ASTRO/RTM – Siaran milik perusahaan swasta Malaysia ini bendiami satelit Measat 3A/3B di posisi 93.5 bujur timur dengan pengaturan lnb Ku-Band (Astro) dan C-Band (RTM).
Untuk Astro dapat di jangkau dari jalur  internet sedangkan RTM dari satelit parabola dengan modulasi acakan biss key (siaran normal) acakan permanen (Sport) namun melihat pengalaman piala dunia Qatar beberapa pertandingan di gratiskan.
Ary Digital Network – Siaran ini berada di sateli Asiasat 7A dengan beberapa anak siaran yang sama nama Ary. channel tersebut bisa didapat gratis pada siaran reguler, tetapi belum diketahui apakah akan diacak saat kick off pertandingan ataukah tidak.
Diatas hanya daftar siaran sementara bisa saja akan bertambah karena beberapa negara masih ada dalam negosiasi termasuk Kamboja dengan CBS Groupnya yang sering buat kejutan di hari pelaksanaan.
Sementara itu peserta piala dunia wanita 2023 terbagi 8 group dari 32 negara yang lolos kualifikasi
Group A: Selandia Baru, Norwegia, Philipina, Swis
Group B: Australia, Irlandia, Nigeria, Kanada
Group C: Spanyol, Kostarika, Zambia, Jepang
Group D: Inggris, Denmark, China, Haiti
Group E: Amerika, Vietnam, Belanda, Portugal
Group F: Prancis, Jamaika, Brasil, Panama
Group G: Swedia, Afrika Selatan, Italia, Argentina
Group H: Jerman, Maroko, Kolombia, Korea Selatan
Untuk Asia Tenggara di wakili oleh Philipina dan Vietnam, yang sebelumnya hanya timnas wanita Thailand sering tampil diajang bergengsi ini, tetapi di 2023 Thailand tidak jadi peserta piala dunia karena kalah agregat dari Philipina.
Sementara dari rilisan FIFA 2023 untuk 10 besar tim terbaik dunia wanita tidak ada nama Jepang padahal tim matahari terbit ini tidak pernah absen dari iven piala dunia wanita sejak 16 tahun terakhir, berikut daftarnya:
1.Amerika Serikat poin 2091.38
2.Jerman poin 2068.12
3.Swedia poin 1064.67
4.Inggris poin 2055.82
5.Prancis poin 2021.02
6.Kanada poin 2001.56
7.Spanyol poin 1997.65
8.Belanda poin 1991.45
9.Brasil poin 1972.99
10.Australia poin 1917.71
Sumber data FIFA 2023

Sepakbola wanita sebelumnya tidaklah sepopuler pria tetapi kini kaum hawa tersebut berhasil membuka mata publik dunia bahwa mereka pun bisa sama dengan kaum lelaki menyajikan permainan menghibur dilapangan hijau.
Itulah sebabnya kini bola kaki khusus perempuan dewasa ini dilirik oleh para pesohor bisnis siaran televisi dibelahan dunia untuk dijadikan sebagai produk unggulan tv berbayar dalam melengkapi siaran olahraga mereka.
Sehingga tidak heran MNC Group mengambil acara ini sebagai promosi dalam menginspirasi atlet sepakbola wanita Indonesia untuk terus berbenah agar lolos ke Piala Dunia selanjutnya. Bahkan publik tanah air secara khusus akan dihibur dengan suguhan permainan para perempuan terbaik dunia dalam mengola sikulit bundar dalam lapangan.
Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *