Daftar Channel TV Menyiarkan Piala Dunia U20 2023 di Indonesia

 

Gambar FIFA
Bidikdotcom Hak siar Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2023 sudah dirilis federasi sepakbola dunia FIFA pada akhir tahun 2022, dari sederet daftar siaran tv tersebut PT Surya Cipta Media (SCM) atau EMTEK Group menempati posisi teratas lewat kanal siaran SCTV, Indosiar dan MOJI TV setelah sukses menayangkan World Cup 2022 di Qatar.
Pihak SCM juga mengungguli perusahaan televisi di Asia Tenggara sehubungan dengan hak siar olahraga bergengsi ini. Biding yang dilakukan pihak EMTEK membuka peluang besar pasar bisnis siaran Asia khususnya Indonesia sebagai pemegang hak siar piala dunia dan menyalib dominasi Thailand serta Singapura terhadap perebutan hak siar.
Tiga siaran diatas ditambah dengan satu platform digital Vidio akan menyiarkan full pertandingan hingga final. Sementara untuk negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Kamboja dan Vietnam dikabarkan tidak menyiarkan keseluruhan pertandingan sehubungan dengan kontrak kerja yang terbatas.
Berikut daftar siaran Piala Dunia U-20 di Indonesia
1.SCTV, Indosiar, Moji TV (Indonesia)
2.ASTRO, RTM (Malaysia)
3.CTN, MY TV, CNC (Kamboja)
4.VTV (Vietnam)
5.Ten Sport (Pakistan)
6.CCTV 5 HD (Tiongkok)
7.RTS 1 (Serbia)
Urutan nomor 1-2 tidak akan berubah karena sudah mendapat hak paten FIFA, semenntara CCTV 5 HD milik negara Tiongkok sejauh ini masih dalam negosiasi apakah akan mendapat hak siar full atau hanya sebagian sebab ada platform tv lain yang kabarnya sudah hampir selesai dengan biding dilakukan yakni PTV Sport.
Kamboja, Vietnam dan Pakistan masih dalam percakapan apakah hak siar yang didapat full live ataukah tidak mengingat nilai kontrak yang ditawarkan FIFA lumayan besar.
RTS 1 Serbia mendapat hak siar dari jalur satelit parabola untuk 5 live babak penyisian dan full tayang delapan besar, tetapi sejauh ini belum ada informasi lanjutan televisi bermodul frekuensi KU-Band tersebut.
Dari paltform digital Vidio masih menjadi pilihan siaran berbasis internet resmi milik SCM Group khusus Indonesia dengan paket 70.000/30 hari. sedangkan dari tv satelit Nex parabola menawarkan paket yang tidak berbeda jauh dengan World Cup 2022 yakni 698.000/30 hari.
Daftar siaran diatas masih akan berubah sesuai dengan kerja sama antar negara dengan FIFA, selanjutnya untuk pengundian group akan dilakukan  pada 31 Maret 2023 di pulau Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *