Program Sepakat Bakumalendong Pilihan Pintas Majukan Kota Bitung

 

Salah satu  RT Kelurahan Pintukota dalam program sepakat foto: dorah

Bidikdot Bitung atau yang disapa akrab Kota Cakalang semakin menuju pada perubahan yang dicita-citakan serta diharapkan masyarakatnya.

Tidak sekedar menjawab janji kampanye  saat Pilkada 2020 lalu, tetapi dibawa Pemerintahan Maurits Mantiri dan Hengky Honandar wajah Kota Bitung perlahan mulai bangkit meski cukup banyak pekerjaam rumah yang harus diselesaikan.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah program membangun sepakat bakumalendong. Program ini dijalankan tanpa menunggu anggaran dana dari APBD Pemda, seratus persen merupakan swadaya langsung masyarakat.

Swadaya masyarakat ini meliputi pembangunan jalan setapak, rabat beton, tanggul-tanggul mini dan akses masyarakat umum lainnya.

Salah satu kelurahan di Pulau Lembeh yang mulai berhasil menjalankan program sepakat bakumalendong ini adalah kelurahan Pintukota.

Dibawa kepemimpinan Lurah Ferawati masyarakat Pintukota merasakan manfaat dari kegiatan gotong royong ini walaupun diakui ada masih kekurangannya.

Partisipasi masyarakat dibawa komando para Kepala Lingkungan dan RT adalah perwujudan kebersamaan yang saling menopang dan menolong sehingga pembangunan bisa jalan sebagaimana diharapkan.

Jika menunggu anggaran pemerintah daerah apalagi saat ini masyarakat masih diperhadapkan dengan Virus Corona maka tidak ada pembangunan yang bisa dilaksanakan.

Maka sangat tepat program sepakat bakumalendong (gotong royong) adalah pilihan pintas untuk memajukan pembangunan Kota Bitung termasuk di Pulau Lembeh.

deny penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *