Empat Pengamanan Pemimpin Negara Paling Super Ketat dan Canggih

Bidikdot Pengamanan terhadap pemimpin negara menjadi perhatian utama seorang prajurit yang menjalankan tugas kenegaraan pada satuan khusus dimana ia bekerja.

Tidak sampai disitu nyawa pun harus menjadi taruhan prajurit jikalau sewaktu-waktu presiden atau pemimpin negara lainnya yang dikawalnya mendapat serangan dari orang tak dikenal atau sejata berbahaya.

Sehingga tidak heran jikalau seorang pemimpin negara baik dia Presiden maupun Perdana Menteri akan melakukan kunjungan kerja, satu bulan sebelum kedatangannya daerah atau tempat tersebut dilakukan survei oleh para pasukan khusus mulai dari jalanan, pepohonan, hotel hingga rumah warga.

Selanjutnya dua minggu sebelum kedatangan pemimpin tersebut tempat dimana akan dilakukan pertemuan sudah disterilkan dan jalur keamanan akan dilalui telah mencapai 90% (newyork news).

Tiga hari sebelum kedatangan pemimpin negara dalam kukernya tempat tersebut benar-benar 100% telah dinyatakan aman baik dari pihak keamanan setempat maupun pasukan pengamanan yang dikirim sebelumnya.

Itulah kira-kira gambaran struktur pengamanan pasukan khusus dalam melaksanakan pengamanan pada presiden dan perdana menteri serta pemimpin negara lainnya yang admin sadur dari berbagai sumber

Sebagaimana judul artikel ini admin bagikan pengamanan terhadap pemimpin negara paling super ketat dan canggih.

Mantan Presiden Donald Trump sumber gambar video youtube

1. Amerika Serikat (Secret Service)

Nama pasukan khusus Amerika Serikat Secret Service ada diurutan pertama mengamankan Presiden saat melakukan kunjungan kerja pada suatu negara.

Pasukan ini memiliki tim berlapis saat mengawal sang presiden hingga ketitik yang dituju. diluar pengawal tadi ada tim penembak jitu (sniper) yang disiagakan pada jarak 1000meter, 500meter, 100meter dan 50meter di empat penjuru mata angin.

Dari segi teknologi mobil dinas kepresidenan Amerika (The Beast) memiliki kecanggihan yang belum dimiliki negara lain seperti velg meski semua ban rodanya kempis atau rusak velg ini bisa berfungsi layaknya ban normal.

pengamanan Presiden Amerika sumber gambar video youtube

Dengan bodi anti peluru the beast bisa mengamankan penumpang di dalamnya. mobil ini juga dilenkapi dengan tabung oksigen dan kantong darah jika sewaktu-waktu presiden terluka. dibagian depannya terdapat sensor alarm yang bisa membaca senjata berbahaya dengan jarak 50 meter (sumber:youtube).

Namun tidak semua isi kecanggihan mobil the beast ini diumumkan didepan publik hanya sebagian saja.

Pasukan khusus Israel Sayeret Matkal sumber gambar twitter

2. Israel (Sayeret Matkal)

Pasukan pengamanan Israel Sayeret Matkal adalah pasukan khusus elit dan dianggap paling sangar di dunia dikarenakan mereka tidak menggunakan bahasa aslinya saat berkomunikasi antara satu dengan lainnya melainkan bahasa sandi. bahkan kode sandi word ini tidak dimiliki oleh semua tentara Israel termasuk badan intelejennya (Mossad).

Mobil yang ditumpangi Presiden dilengkapi dengan penyadap publik berjarak 70 meter berfungsi sebagai pengintai digital sewaktu-waktu jika ada ancaman dari teroris.

Model kendaraan baja anti peluru ini diadopsi dari Italia yang dibuat pada awal tahun 1990 dengan fasilitas senjata bantuan dibagian depan belakang dan samping.(berbagai sumber).

sumber gambar video youtube

3. Korea Utara

Negara yang dipimpin Kim-Jong Un ini memiliki 4 pasukan khusus yakni Airborne, Reconnaissance, Light Infantry dan Maritime. 

Untuk menjadi pengawal kepresidenan mereka harus memiliki perawakan yang tampan fisik kekar dan memiliki pola gerakan bayangan artinya prajurit yang diseleksi benar-benar bersyarat jika tidak jangan harap bisa menjadi pengawal Kim-Jong Un.

Sama halnya dengan Amerika Serikat pasukan pengamanan kepresidenan Korut memiliki tim berlapis bahkan lebih banyak dari Amerika.

Ada 15 anggota pasukan khsusus yang mengawal bila Kim-Jong Un menggunakan mobil dinas 1 orang supir dan 2 orang penjaga di dalam mobil sedangkan 12 diantaranya berada diluar samping kiri dan kanan mobil.

12 pasukan pengamanan Kim-Jong Un diluar mobil sumber gambar video youtube

Kedua belas pasukan ini harus berlari sama dengan kecepatan mobil saat keluar dari istanah kepresidenan sebelum meluncur  menyusuri jalan raya umum.

Kecanggihan mobil Kim-Jong Un ini sangat fantastik meski terbakar atau meledak tidak akan merusak interior dalam mobil.

Kepala pemerintahan yang disegani Korea Utara ini juga memiliki kendaraan dinas lain yakni Kereta Api berwarna hijau. Fasilitas di dalam kereta api ini pun bisa dibilang mewah bak hotel berbintang tetapi memiliki kecanggihan yang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh siapapun termasuk Amerika Serikat.

Dinding kabin dilengkapi dengan baja anti peluruh termasuk kaca kereta api.Jika kereta api ini akan menjalankan dinas kenegaraan pada satu tempat dimana jalur keretanya dilewati Kim-Jong Un, maka tidak ada kereta konvensional lainnya menggunakan rel tersebut.

sumber gambar youtube

4. Inggris (SAS)

Recimen Special Air Service (SAS) merupakan pasukan Angkatan Darat Inggris yang diseleksi khusus untuk melakukan pengawalan terhadap Ratu Elisabet II saat melakukan kunjungan kerja ke sebuah negara.

Setiap jalan yang akan dilewati wanita baya berusia 96 tahun tersebut diberi pagar pembatas dan dijaga ketat agar tidak ada orang yang bisa mendekati Ratu meski di dalam mobil.

Jalan yang akan dilalui pemimpin kerajaan Inggris itupun disterilkan dan tidak ada kendaraan lain yang lalu-lalang. Bahkan para pasukan pengamanan ini membuat formasi motor anak panah yang melindungi mobil sang Ratu saat melaju.

konfoi pengawalan Ratu Elisabeth II sumber gambar video youtube

Mobil yang ditumpangi pun tidak kalah canggih dengan milik Amerika. Bentley State Limousine adalah nama mobil canggih yang setia mengantar sang Ratu bepergian. Mobil ini dilengkapi dengan senjata modern termasuk rudal yang siap meledakan jika ada musuh mengancam.

Tidak hanya itu tas yang dibawa Ratu Elisabeth merupakan tas khusus dengan fungsi sensor untuk mengkoneksikan agar tetap terhubung dengan tim pengamanan dan mobil yang digunakan meski berada dalam ruang tertutup.

Jumlah pasukan mendampingi sang Ratu saat dinas kenegaraan berjumlah 120 orang termasuk tim dokter dari Angkatan Laut Inggris.

Itulah empat pengamanan super ketat dan canggih dari kepala negara yang dapat admin bagikan sebagai sumber informasi dalam memperluas wawasan mengenai dunia internasional. sumber catatan dari berbagai media (wikipedia, youtube, mainstream).

deny-penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *