Sport  

Leonel Messi Pemain Sepak Bola Terbaik Sepanjang Masa, Benarkah?

 

Sumber foto FB Fans Barcelona

Bidikdot Pesepak bola asal Argentina Leonel Messi menjadi perbincangan hangat media-media Eropa termasuk Indonesia dimana penobatan dirinya sebagai pemain terbaik sepanjang masa diragukan setelah kepindahannya ke PSG musim 2020/2021.

Pembuktian sebagai pemain terbaik dunia bertolak belakang saat musin pertama Messi dengan PSG. Harapan publik Kota Paris menjuarai Liga Champion Eropa musim ini terkubur usai disingkirkan Machester City di perdelapan final.

La pulga pun tertunduk lesu usai dibantai The Citizen 2-0 di putaran leg kedua 16 besar kasta tertinggi sepak bola Eropa. cibiran pun tidak terhindarkan dari pendukung PSG.

Bahkan di liga utama Prancis pemain berkostum 30 ini tidak masuk dalam daftar pencetak gol terbanyak yang biasanya ia sabet di La Liga.

Lantas apakah mulai meredup masa kejayaan sang mega bintang, tentu pendapat ini tergantung masing-masing penonton ataupun fans yang menilainnya.

Sebab jika melirik aksi Messi di Timnas Argentina ketajamannya masih sangat menakutkan bagi para pemain belakang lawan jika berhadapan head to head dan patut disanjung pemain berusia 34 tahun ini  berhasil meloloskan Timnas Tango ke Piala Dunia Qatar 2022 mendatang.

Lalu jika ada pertanyaan siapakah pemain bola terbaik sepanjang masa?

Publik pasti akan memberi jawab secara beragam mulai dari Pele, Maradona, Ronaldo Nazario, Michaelle Platini atau Nistelroy.

Tetapi jika diukur berdasarkan ketrampilan bermain, prestasi serta keloyalitasan baik tingkat global maupun regional maka nama Leonel Messi kemungkinan besar ada diurutan pertama.

Tidak ada pemain yang berhasil meraih penghargaan individu Ballon d’or sepanjang karir sepak bolanya sebanyak 7 kali hanya Messi yang berhasil meraihnya.

Pesaing kapten tim Argentina ini adalah Christiano Ronaldo dari Portugal. mantan pemain Real Madrid itu berhasil meraih thropy individu Ballon d’or sebanyak 5 kali, dan berhasil menjuarai Piala Eropa 2016 dan 6 kali mengangkat Champions Cup Eropa sedangkan Messi hanya 4 kali.

Dengan berhasil meraih penhargaan individu ke-7 kalinya maka Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik 2021 dan melampau prestasi pernah dimiliki Diego Maradona (Argentina) serta Pele (Brasil).

Dari beberapa refrensi data yang berhasil saya kumpulkan seputar pemain sepak bola terbaik sepanjang masa hingga tahun 2022 maka dapat diurutkan menjadi 12 besar diantaranya:

1.Leonel Messi 

2.Christiano Ronaldo

3.Pele

4.Diego Maradona

5.Johan Cruyff

6.Franz Bekenbeuer

7.Michael Platini

8.Marco Van Basten

9.Alfredo de Stefano

10.Kevin Keegen

11.Karl-Heinz Rummenigge

12.Ronaldo

Ke-12 nama ini diambil dari perolehan terbanyak piala Ballon d’or sejak tahun 1956-2021 dan jejak reputasi pemain yang mendunia secara unik.

Jika membandingkan prestasi per musim, naluri memenangkan pertandingan serta jiwa sosial dalam lapangan dari seorang pemain maka bisa dibenarkan bahwa Leonel Messi adalah pemain bola terbaik sepanjang masa.

Tetapi kemungkinan besar dua mega bintang asal Argentina dan Portugal tersebut tidak akan dapat mengangkat thropy individu tersebut pada 2022. ini disebabkan dari tim yang mereka bela saat ini gagal di pentas Eropa.

ineds (bdc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *