Siaran TV Analog Tutup Mulai 30 April 2022 TV Digital Siap Manjakan Mata

 

Siaran tv analog ke digital akan jadi channel gratisan bergambar jernih foto:pixabay

Bidikdotcom Pemerintah sudah menetapkam penghentian siaran tv analog mulai 30 April 2022 dan beralih ke siaran digital dimana ketajaman gambarnya lebih jernih serta suara audionya lebih jelas.

Analog Switch Off (ASO) akan dilaksanakan penghentiannya oleh pemerintah di tiga wilayah penyiaran yang terdapat di 6 Kabupaten dan 2 Kota.

Melansir penjelasan Menteri Kominfo Jhoni G Plate dari halaman resmi website Kominfo dimana telah terbangun 56 multiplexing digital yang tersebar di 166 kabupaten kota yang siap untuk digunakan.
Menteri Jhoni juga menambahkan untuk penghentian tetap siaran analog pada tahap II dan III masih diperlukan 32 infrastruktur multiplexing sehingga benar-benar secara menyeluruh siaran digital dijangkau di tanah air.
Sebagaimana rencana pemerintah bahwa 22 November 2022 seluruh masyarakat Indonesia sudah beralih ke siaran digital.

Tampilan televisi digital didukung oleh receiver canggih yang bisa menangkap lebih dari 10 siaran walau tetap memakai antena analog. Para pengguna siaran analog cukup membeli receiver yang sudah beredar dipasaran dan memasangnya seperti setingan pada receiver antena parabola biasa,

Digadang-gadang siaran digital akan menjadi tontonan gratis terpopuler tahun 2022 ini mengingat siaran tersebut memiliki layanan berbayar namun dapat disaksikan secara free to air (FTA) seperti Liga Inggris dan Liga Champions. 

Dengan menggunakan set top box tv analog rekomendasi pemerintah maka masyarakat Indonesia akan memiliki tontonan berkualitas yang bisa bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya seperti Thailand yang terlebih dahulu menerapkan siaran tv digital dan dipastikan akan memanjakan mata.

Meski televisi digital adalah gratisan tetapi untuk Piala Dunia Qatar 2022 masih ada dalam tanda tanya masyarakat apakah akan digratiskan atau diacak mengingat ajang sepak bola empat tahunan ini memiliki nilai jual yang tidak murah bagi mereka yang mendapat lisensi tayangan atau hak siar.

Semoga hingga 22 November mendatang World Cup Qatar dapat disaksikan disiaran digital dengan secara FTA tanpa ada sesuatu yang lain. salam maju bersama

ined(bdc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *