Daftar Channel TV Siarkan Piala Dunia Qatar 2022 Gratisan dan Berbayar

Editing gambar by bidikdot

Bidikdotcom Anda pasti bertanya Piala Dunia Qatar 2022 disiarkan di tv apa dan bagaimana mendapatkan informasi tontonan bergengsi tersebut apakah gratis atau berbayar, bahkan mungkin masih banyak lagi pertanyaan tentang iven sepak bola empat tahunan ini dibenak anda sebagai pecinta bola.

Di Indonesia sendiri pemegang hak siar World Cup 2022 resmi menjadi milik SCTV, Indosiar, Moji TV, O Channel dan Mentari TV dimana siaran tersebut semuanya dibawa naungan PT Surya Citra Media untuk jaringan televisi sedangkan jalur streaming (internet) dilayani platform aplikasi Vidio.

Ke-5 stasiun televisi tersebut akan menyiarkan secara keseluruhan 64 pertandingan mulai babak penyisian hingga final dimana nantinya akan dibagi slot penyiarannya oleh pihak SCM dengan 2 siaran premiumnya yaitu Champions TV World Cup dan Champions TV World Cup 2

Tahun 2021 lalu MNC Group selaku perusahaan swasta terkemuka dalam bisnis penyiaran nasional digadang-gadang ikut meramaikan Piala Dunia Qatar tahun ini tetapi beberapa perusahaan penyiaran yang menjadi partner pemberi lisensi di Asia Tenggara seperti Sport Miti dan kawan-kawan mengundurkan diri dari penawaran pembelian hak siar dengan beberapa pertimbangan salah satunya adalah pandemi covid-19. 

Dari beberapa informasi yang beredar dikalangan treker parabola tanah air satu-satu platform startup asal Indonesia Klikdaily akan menjadi parner bagi televisi lokal dalam pembelian hak siar Piala Dunia 2022 namun sayang startup ini juga mengundurkan diri karena berbagai alasan.

Peluang besar pun datang pada pihak SCM yang berhasil memenangkan bargaining itu dengan membayar hak siar sebesar  Rp 300 milyar untuk keseluruhan 64 pertandingan.

Namun demikian semua ada imbalannya, pihak SCM tidak tanggung-tanggung menjual paket piala dunia Qatar 2022 dengan harga selangit yakni Rp 850.000 di platform pay tv mereka yakni Nex Parabola.

Sangat beralasan jika piahk SCM ini mampu membayar hak siar piala dunia tersebut dengan harga fantastik sebab perusahaan ini juga menjalin kerjasama dengan beberapa liga top Eropa seperti Liga Champions, Europa League, Premier League dan Liga dalam negeri dengan keuntungan lumayan sultan.

Itulah keuntungan bisnis pay tv, meski sifatnya tidak bertahan lama. Lantas bagaimana dengan tontonan gratisan?

Siaran gratisan piala dunia 2018 masih sangat dijangkau tetapi berbeda dengan iven 4 tahunan di Qatar ini jalur siaran satelit lumayan sulit semuanya dibatasi mulai dari negara Malaysia, Kamboja, Vietnam dan Philipina notabenenya adalah negara yang sering menggratiskan iven sepakbola nomor satu di dunia tersebut.

Walaupun demikian para penggemar siaran televisi dari satelit parabola masih bisa menjangkaunya dengan bermodalkan peralatan parabola yang handal.

Dari rilisan siaran gratisan yang beredar di group-group media sosial ada beberapa yang masih dapat ditonton secara gratis meski hal tersebut sangat sulit mendapatkannya. Salah satunya adalah Satelit Optus D1 dengan channel SBS One HD. Siaran asal Australia ini dapat ditonton secara gratis full 64 pertandingan meski pancaran beamnya tidak menjangkau seluruh wilayah tanah air.hanya sebagian wilayah Bali, NTT dan Papua Barat.

Harapan besar siaran gratisan lainnya yang dinanti oleh pecinta bola nusantara adalah siaran-siaran asal Thailand. 10 hari menuju Piala Dunia channel dari negeri Gajah Putih belum ada kabar menggembirakan.pekan lalu pemerintah Thailand memberi sinyal akan menggratiskan siaran piala dunia bagi warganya dengan menggandeng pihak swasta dalam mendapakan hak siar FIFA tersebut.

Tetapi pihak swasta menolak bekerja sama jika siaran bola bergengsi itu digratiska. ada sejumlah opsi diberikan pihak pemerintah salah satunya memberi bantuan dana pada pihak swasta yang ditunjuk tetapi sekali lagi pihak swasta tidak menyetujui.

Jika ini informasi benar maka kemungkinan besar harapan menonton gratis dari Thailand tidak bisa terpenuhi. Tentu istilah masih banyak jalan ke Roma mungkin saja akan menjadi pilihan.

Berikut dibawa ini admin coba rilis channel tv dari satelit parabola yang beberapa diantaranya menjadi trending topik di group media sosial yang bisa anda pilih menjadi salah satu channel piala dunia.

1.SBS Channel 

Satelit Optus D1, Posisi Orbit 160 Bujur Timur (KU-Band)

Frek 12532 H 47300

Mpeg4 HD

FTA

Siaran ini milik negara Australia yang menyiarkan secara keseluruhan pertandingan hingga partai final secara free to air. wilayah yang bisa menjangkau siaran ini adalah sebagian Pulau Bali, NTT dan Papua serta wilayah Kendari dengan modal parabola 7 Feet keatas atau berdiameter 2,2 meter.


2.Astro Channel

Satelit Measat 3B, Posisi Orbit 91,5 Bujur Timur (KU-Band)

Frekuensi

10732 V 30000

10772 V 30000

10812 V 30000

10853 V 30000

10892 V 30000

10932 V 30000

11775 V 30000

11895 V 30000

Mpeg 4 HD

3. RTM Channel (RTM TV 1, RTM OK)

Satelit Measat 3/3A, Posisi Orbit 91.5 Bujur Timur 

Frekuensi 

3920 H 12400

Mpeg4 HD


Satelit ABS 2 Posisi Orbit 75.0 Bujur Timur

Frekuensi

3870 H 51430

Mpeg4 HD


Astro merupakan siaran berbayar Malaysia yang hingga hari ini menjadi langganan menyiarkan iven sepakbola baik di tanah Eropa maupun diberbagai benua termasuk piala dunia sehingga tidak heran siaran premium ini menjadi incaran para treker Indonesia untuk dijadikan sebagai koleksi tontonan seru dirumah.

Namun demikian pancaran beam siaran ASTRO hanya menjangkau wilayah Sumatera bagian tengah dan Utara, sebagian Kalimantan dan Jawa bagian Barat untuk pengaturan LNB Ku-Band.Siaran ini dapat dijangkau denga via terbang(fly) dengan menggunakan koneksi internet.

Sementara untuk RTM Group disaji secara gratis alias free to air (fta) diluar iven piala dunia sedangkan untuk live piala dunia pihak management RTM membukanya via multistream. Tetapi tidak menutup kemungkinan akan dibuka acakan biss key dipantau saja. Pancaran beam satelit Measat 3A C-Band menjangkau seluruh wilayah negara kesatuan republik Indonesia

4.CCTV 5+

Satelit Chinasat 6D Posisi Orbit 125 Bujur Timur

Frekuensi

3780 V 27500

3720 H 27500

Mpeg4 HD


5.CCTV 5 SD

Satelit Chinasat 6B Posisi Orbit 115 Bujur Timur

Frekuensi

3880 H 27500

Mpeg4 HD


Siaran asal negara China ini dapat dijangkau diseluruh pelosok tanah air karena pancaran beamnya cukup luas di Asia Tenggara meski demikian siaran ini tidak dapat disaksikan secara fta karena merupakan siaran berbayar. Untuk mendapatkannya siaran CCTV5 SD ini anda dapat membeli paket terbang atau istilah kerennya fly.

Channel ini akan menyiarkan 64 pertandingan mulai dari pembukaan hingga partai final yang terbagi atas CCTV5 SD (56 pertandingan), CCTV5+ (8 pertandingan) dimana siaran ini bisa menjadi opsi anda untuk menjadikan tontonan seru bersama keluarga. tentu dengan syarat memiliki jangkauan internet yang lumayan bagus dan cepat

5.CBS Group (CTN, CNC, MYTV)

Satelit Apstar 6C Posisi Orbit 134 Bujur Timur

Frekuensi 

4052 H 8400

Mpeg4 


Siaran milik negara Kamboja ini sudah mendapat hak siar menyiarkan piala dunia 2022 namun belum diketahui apakah akan digratiskan atau tidak. sebab mengingat terakhir saat menayangkan liga Inggris tahun 2020 lalu diacak.  siaran yang pernah menggratiskan piala dunia 2014 ini kemungkinan besar akan mengacak saat live piala dunia, tetapi dipantau saja hingga hari pembukaan 20 November mendatang.

Pancaran beam dari satelit ini menjangkau seluruh wilayah nusantara. dengan diameter dish parabola 185 cm atau 6 Feet anda bisa mendapatkan tontonan gratis meski masih tanda tanya.


6.Match TV 

Satelit Express AMU3 Posisi Orbit 103 Bujur Timur

Frekuensi

3925 H 35415
3925 V 35372

Mpeg4 HD


Saat  ini siaran asal Rusia tersebut sudah mengacak dan sebagian siarannya mulai menghilang dari Satelit Express dan sudah kembali keposisi awalnya yakni Satelit Yamal 601 dengan orbit 49 bujur tmur dan hampir semua treker parabola tidak dapat melock siaran ini.

Keseluruhan daftar siaran diatas belum dapat menjamin para pecinta sepak bola  tanah air menonton gratis piala dunia Qatar sebab persaingan televisi berbayar bisa menghambat tontonan gratis apalagi dari jalur channel parabola.

Sementara dari Thailand belum bisa dipastikan meski sudah ada penampakan iklan world cup di channel NBT Group. Mengutip informasi dari akun facebook Forum Satelit bahwa pemerintah Thailand telah mendapat hak siar menayangkan piala dunia Qatar hanya saja hingga hari ini masih ada dalam pembahasan penunjukan channel tv mana saja akan menyiarkan pertandingan nanti.

Rumor beredar bahwa Amarin TV, true4U dan TNN menjadi partner pemerintah untuk piala dunia 2022 bila ini benar maka akan menjadi angin segar bagi pecinta satelit parabola dari jalur gratisan.

Namun disayangkan tidak ada info detail apakah script atau pengacakan siaran nanti akan memakai metode biss key atau acakan yang lain sehingga hanya akan muncul colour bar dilayar televisi.

Amarin TV, true4U, TNN

Satelit Thaicom 6 Posisi Orbit 78.5 Bujur Timur

Frekuensi C-Band

3920 H 30000

4080 H 30000

Mpeg4 HD


Dari update terbaru hari ini ada 17 Channel TV Digital Thailand Siarkan Piala Dunia 2022 setelah FIFA mendiskon harga hak siar untuk negara seribu Budha tersebut dari 1,6 juta Bath atau sekitar Rp 400 milyar menjadi 1,4 juta Bath atau setara dengan Rp 340 milyar.

Ke-17 siaran ini akan menyiarkan secara gratisan ($) semua live world cup Qatar dengan menggunakan acakan bisskey.

Namun akan terobati dengan hadirnya siaran digital yang “katanya” akan menyiarkan sebanyak 56 pertandingan dari jadwal 64 match setelah dibeberapa daerah secara serentak dihentikan siaran analog dan sudah bermigrasi ke siaran digital.

Bagi masyarakat yang tidak kebagian bantuan peralatan tv digital dapat membelinya di toko elektronik terdekat dengan biaya sebesar Rp 475.000 dengan rincian Antena Rp 200.000 dan STB Rp 275.000. ini merupakan satu-satunya jalan keluar untuk mendapatkan tontonan gratis piala dunia Qatar 2022. sumber refrensi forum satelit.

Salam Sport_ Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *