Solusi Bikin Konten di Balik Suka Duka Blogger yang Nyaris Gulung Tikar

 

Gambar editing bidikdot sumber: pixabay
Bidikdot Menjadi seorang blogger sejati bisa dibilang gampang-gampang susah, perlu konsistensi tinggi bukan suam-suam kuku agar tehindar dari namanya gulung tikar alias pensiun seumur hidup.
Diera digital informasi menjadi sumber terdepan publik dalam mendapatkan berita yang dicari atau diinginkan. Tentu dari sumber berita tersebut konten berkualitas menjadi komsumsi andalan masyarakat baik diperkotaan maupun dipesisir desa dalam meningkatkan literasi informasi mereka secara terbuka. 
Dari paparan tadi blog pun menjadi penyaji informasi atas konten  diterbitkannya meskipun belum tentu mendapat tempat secara cepat dan tepat dihalaman pencaharian browserseperti google.
Lantas muncul pertanyaan bagaimana cara blogger bertahan dari persaingan literasi digital yang hari ini telah dikuasai oleh media-media ternama tanah air. 
Pertama – Mencari solusi tepat dalam setiap penerbitan konten
Solusi tepat tidak diartikan sebagai sasaran cepat tanggap bagi blogger dalam mempertahankan rating situsnya. mendapatkan solusi tepat merupakan aksi dini menghalau yang namanya, kurang percaya diri, malu bersaing dan bulan kemalasan.
Seperti apa solusi tepat itu?  
Konsistensi – Konsisten dengan membangun blog sendiri akan jauh lebih baik ketimbang membanding-bandingkan dengan situs orang lain yang nampaknya kadang membuat diri sendiri “down”. prinsip inilah secara alamiah menghadirkan rasa malas dalam menciptakan konten sendiri.
Saran saya – hentikan sejenak membanding-bandingkan konten orang lain dengan konten sendiri.
Every Time Update – Meski banyak dukanya ketimbang suka saat anda ngeblog, “ingat” anda punya memori updating yang lumayan bagus dalam menentukan “engkel” dari konten yang hendak dibuat karena setiap saat anda memiliki rilisan literasi yang terbaru enta itu didapat dari tontonan televisi atau eman anda sendiri.
Jangan Bosan – Menerbitkan konten baik itu tullisan maupun video perlu dijauhi kata “bosan” sebab jika anda sudah bosan maka anda maupun saya sudah berniat menggulung tikar usaha blog sendiri. 
First Content – Seringlah menjadikan artikel sebagai bidikan utama dalam aktivitas anda baik secara iseng ditulis dalam buku catatan harian maupun dalam buram yang anda simpan.
Kedua – Bangun Master Plan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang
Membuat perencanaan utama secara berkala dalam menerbitkan konten baik itu jangka pendek menengah dan panjang akan membantu kinerja seorang blogger lebih mudah mengingat blog atau situs tersebut adalah berbayar.
Jangka Pendek – artinya konten dengan durasi yang relatif cepat mendapat update seperti informasi jadwal bola, seminar-seminar maupun pelatihan-pelatihan contoh program pemerintah kartu Pra kerja yang hingga hari ini telah dibuka gelombang ke-49.
Jangka Menengah – merupakan konten rujukan dari beberapa pengguna jasa tulis yang bisa digunakan dalam mengisi waktu jika anda tidak bisa menerbitkan artikel. ini biasanya berbayar, tapi tidak mengapa jika anda punya modal dapat menggunakannya.
Jangka Panjang – Perencanaan jangka panjang adalah konsep artikel dengan durasi bertahan lama dan masih dicari orang seperti Cara Membuat Artikel Blog Ada di Halaman Depan Google artikel ini tersusun atas 2500 kata sehingga masih bisa dibilang akan bertahan hingga 10 tahun mendatang dengan syarat tetap diupdate.
Konsep sederhana ini bisa membantu sahabatku yang mungkin hari ini mulai down dalam menerbitkan artikel di blog atau mungkin secara rating google sudah mulai terjun bebas dan ujungnya gulung tikar.
Bila menurut anda bahwa blog atau situs yang anda kelola masih mendapatkan nilai rupiah mengapa tidak untuk memulainya lagi.meski harus tertatih-tatih. Situs-situs besar memang telah menguasai pasar literasi online hari ini, namun bukan berarti akan membatasi langkah para blogger yang secara eksplisit maju tanpa memandang tekanan yang besar dalam menghadirkan konten atau artikel yang bermutu.
Admin mulai mengalami hal-hal disebutkan diatas, namun karena cukup sulit membangun blog dari awal maka meski harus berjuang dengan gigih mendapatkan nilai yang pernah bertengger dipuncak pada tahun 2022 silam maka tidak boleh tidak konsisten harus menjadi pilihan utama.
Salam blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *