Headline

4 Tips Membuat Berita Viral Dari Blog

 

Ilustrasi gambar freepik editing bidikdot

Bidikdotcom Pedoman membuat konten menghebohkan dari website menjadi tren tersendiri bagi seorang penulis website khususnya platform blogger. Salah satu pendongkrak menaikan trafict web blog adalah dengan membuat informasi berjenis viral. Ada Banyak tipe atau motif membuat info berjenis menghebohkan ini dari berbagai sudut pandang manusia atau lingkungan dimana seseorang itu berada. bahkan hal yang tidak berhubungan dengan lingkungannya pun jika itu unik pasti di sapa viral.

Seorang Ibu rumah tangga bisa saja ia membuat informasi tentang keluarganya meskipun itu bukan sebuah fakta yang penting bisa mengekspos bahwa dirinya dan keluarganya seperti ini dan itu walau hanya dilingkungan dimana ia tinggal. Tetapi konsep viralnya tidak seperti ini. informasi yang menjurus kepada keheboan dan diketahui oleh seluruh negeri seperti Indonesia itulah yang disebut "viral".

Baca Juga : 10 Pahlawan Sosial Dalam "Dunia" Kerja Kurang Di Sorot Media

Seperti informasi kasus baru-baru ini mengenai video asusila yang mempertontonkan adegan orang dewasa dimana melibatkan wajah mirip artis nasional juga hal-hal lain dimana semua orang dari penjuru daerah mengetahui kejadian tersebut pada waktu yang sama. Oleh karena perkembangan teknologi sehubungan dengan penggunaanya bahasa-bahasa sederhana pun disulap menjadi kata unik.

Padahal sebelum menjamurnya internet di tengah masyarakat informasi unik hanya disebut dengan menghebohkan tetapi kini orang lebih familiar menyebutnya "viral".

Berita viral dapat dijadikan salah satu senjata menaikan trafict blog, tetapi para pemilik blog agak enggan melakukan cara ini karena ada rasa takut jika yang di viralkan bersentuhan dengan UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE). Tetapi jika ingin mempublishnya harus punya tips tersendiri agar penyajiannya bukan sekedar berita saja namun memiliki nilai edukasi

Berikut 4 Tips Membuat berita viral dari blog anda :

1. Judul Berita

Hal yang satu ini biasa dilakukan seorang penulis saat mempersiapkan konten dimana akan di publikasikan. Baik membuat konten viral maupun tidak Judul postingan (Niche) menjadi pelanggan utama agar disukai para pengunjung akan membacanya.

Bila anda akan menentukan judul, buka semua refrensi artikel di mesin pencari sehubungan dengan tulisan yang memuat tentang hal menghebohkan itu. kemudian pilih menurut yang anda inginkan biasanya tulisan seperti ini didominasi oleh website besar tetapi tidak apa-apa karena hanya akan mencari judul kontennya saja.

Seperti contoh berikut :

"Seorang anak kecil dikelilingi 4 ular piton"

"Anak balita ada ditengah tengah piton berukuran 3 meter"

"Piton berukuran kaki orang dewasa sedang bersama anak kecil"

Dan seandainya judul-judul ini muncul di mesin pencari maka anda tidak bisa mengikuti penetapan judul tersebut harus punya langkah lain  tetapi dengan kata kunci "ular piton"

Terus bagaimana donk caranya :

Cari tahu dari mana asal ular itu atau siapa yang memelihara binatang berbahaya tersebut dan dari daerah mana saja. jika alasan-alasan tadi sudah di ketahui maka kita akan menentukan judul.

Hasilnya seperti ini :

"Piton milik Rengas dari Manado sedang bermain bersama anak kecil"

Kira-kira seperti itu judulnya sebab kita menyebutkan pemilik dari piton tersebut dan area dimana informasi ini berada. Sama halnya dengan informasi tentang pornografi tadi yang penting ketajaman beritanya tetapi pada porsi dan etika yang positif bukan mengada-ada.

2. Isi Konten

Kesimpulan dari judul diatas adalah isi konten. Artikel yang memuat berita mengenai hal menghebohkan harus menempatkan kata-kata yang mengedukasi bukan sebaliknya menambah "penggorengan" yang pada akhirnya bukan memberi pembaca meninggalkan kesan positif tetapi sebaliknya anda akan di protes bahkan tidak akan ada yang datang.

Buatlah kata-kata konstruktif (membangun) meskipun itu bersifat menghebohkan. jangan menempatkan kata menghakimi dan lainya membuat sumber informasi anda berantakan.

3. Refrensi Berita

Review terhadap media-media ternama atas pemberitaan konten viral itu patut disertai dalam artikel anda tanpa meng-copy paste isi dari berita tersebut tetap pada jalur artikel yang kita buat meskipun refrensinya dari media ternama.

Seperti contoh : "dilansir dari kompas.com bahwa lembaga perlindungan anak dan perempuan telah memanggil pemilik piton tersebut karena sudah melibatkan seorang balita karena dianggap tindakan berbahaya". ini dilakukan sekedar memperkuat sumber artikel anda karena pemberitaan yang sama juga dilakukan media ternama.

4. Pesan Moral

Sebelum menutup artikel tersebut luangkan kata-kata mengedukasi lewat pesan moral kepada pemilik hewan tersebut atau kepada seluruh pegiat memelihara hewan berbahaya di lingkungan rumah sendiri. Ini akan memperkuat tingkat kepercayaan pembaca kepada anda karena memiliki kepedulian memperhatikan hal-hal membahayakan tersebut.

Baca Juga : Cara Membuat Artikel Blog Ada Di Halaman Depan Google

Itulah tips membuat artikel viral menurut bidikdotcom bagi teman-teman yang ragu dengan menampilkan artikel seperti ini karena takut terjerat UU ITE. Kita pun diberi kebebasan untuk berekspresi tentu pada batasan-batasan yang sudah diatur semoga bermanfaat dan tetap semangat menulis sebagai seorang blogger tanpa menyerah.

Regards



 

loading...

Previous
« Prev Post
Author Image

About Bidikdot.com
bidikdot.com adalah blog berita seputar indonesia dan olahraga gaya hidup, pendidikan, ekonomi serta media sosial Subscribe! to get update via email.

Show comments
Hide comments

Berfikir Positif adalah Inspirasi Kejahteraan Bangsa dan Negara

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *