Sport  

Lifter Taiwan Kuo Hsin-Chun Raih Medali Emas Angkat Besi Putri 59 Kg

 

Peraih Medali Emas pertama Taiwan Kuo Hsin-Chun dari cabor angkat besi Photo Edgar Garrido/Reuters

Bidikdotcom Pertarungan sengit angkat besi putri olimpiade Tokyo 2020 terjadi di kelas 59 Kg nama baru Lifter asal Turkmekistan  Polina Guryeva menjadi perhatian para media dan juri atas penampilan apiknya menyelesaikan 3 kategori berat barbel masing-masing 112 Kg, 116 Kg dan 121 Kg.

Meski berhasil finish dari tiga kategori berat barbel, Polina belum bisa melewati poin Lifter asal Taiwan Kuo Hsin-Chun yang mengankat barbel masing-masing 117 Kg, 131 Kg dan 141 Kg dan memastikan dirinya meraih medali emas pertama untuk negaranya.Re

Kepada awak media sebagaimana dilansir dari Reuters.com Kuo Hsin-Chun mengatakan “ini adalah ahari yang menggembirakan bagi saya sebab ini merupakan emas pertama untuk Taiwan” tuturnya dengan rasa bangga.

Walaupun di Olimpiade 2020 Hsin-Chun belum dapat memecahkan rekor 141 Kg tetapi wanita berusia 27 tahun ini telah memecahkan rekor tertingginya di piala dunia angkat besi 2018 dengan berat barbel 136 Kg.

Juara dunia 4 kali berturut-turut ini berhasil menyingkirkan lifter unggulan asal tuan rumah Jepang Mikiko Andoh setelah di barbel ketiganya 131 Kg tidak berhasil meneruskan angkatannya setelah bagian kaki sebelah kiri sedikit tidak seimbang akibat cedera.

Diakui Mikiko ia mengalami cedera saat latihan di pertengahan tahun 2020 saat barbel menimpah kakinya. 

“Saya pikir ini adalah akhir dari karir saya di Olimpiade, saya berharap bahwa cedera ini tidak sampai di sini” ungkap Mikiko Andoh kepada awak media di ruang rehat para lifter.

Peraih Medali Kelas 59 Kg Angkat Besi Putri Olimpiade Tokyo 2020 

Rangking ke-3 dunia angkat besi putri ini berhasil menyelesaikan 2 babak saja dengan masing-masing berat 112 Kg, 120 Kg sedangkan 131 Kg ia menyatakan menyerah dan tidak dapat mengankat barbel diakibatkan bagi kaki kirinya sudah terasa sakit.

Dengan demikian juara dunia untuk Asia belum bergeser dari Kuo Hsin-Chun yang telah menjadi jawara sejak tahun 2012.

Sedangkan daftar peraih medali dari tanah air sejauh ini masih tetap 2 medali yakni  1 perak dan 1 perunggu dari cabor angkat besi putra 49 Kg dan Putri 49 Kg dan membuat posisi rangking Indonesia kiat menjauh dari urutan 19 kini menjadi 39.

deny/BDC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *