Pengalaman Istimewah Jadi Seorang Blogger dan Cerita Unik di Balik Konsistensi yang Jatuh Bangun

ilustrasi gambar bidikdot


Bidikdot Orang melihat apa yang anda kerjakan bukan katakan, petikan kalimat ini mungkin cocok bagi mereka sudah jadi blogger sukses dan mendapatkan apa yang diinginkan.

Pengalaman istimewah dialami admin blog ini tidak sebanding dengan pengalaman blogger sukses seperti Mas Sugeng, Raditya Dika dan koleghanya yang punya reputasi mumpuni dalam manejerial market di dunia internet.

Sejak 2012 silam saya mulai belajar ngeblog mencari tahu bagaimana cara membuat blog, menulis artikel SEO agar dirayapi mesin pencari seperti google. Semangat membangun blog tersebut terus bergeliat dalam diri saya meski pada akhirnya terhenti di tahun 2015 karena aktivitas offline yang bisa dibilang cukup padat mengharuskan saya meninggalkan dunia blogging.

Namun blog telah menjadi profesi sampingan untuk mengisi waktu disela-sela kekosongan saat saya tidak bekerja sebagai seorang karyawan.

Tahun 2016 saya mencoba membuat blog jejualan online kebetulan memiliki jaringan produk elektronik khusus siaran tv parabola. Situs ini bisa dibilang sedikit sukses karena lumayan banyak pemesanan di daerah sekitar dimana saya tinggal bahkan ada yang dikirim hingga luar daerah.

Sayang blog ini juga terhenti karena urusan pekerjaan saya yang lebih fokus pada area dimana saya bekerja. Tetapi jiwa blogger dalam diri saya tidak pernah hilang dimakan waktu meski saya bekerja full time.

Tahun 2019 bulan Mei saya putuskan membuat blog dengan niche berita, yang saat ini anda kunjungi dan saya coba komitmen untuk menjalankan aktivitas blogging ini lebih serius lagi.

Alhasil di blog saya banyak belajar dan menjadikannya sebagai situs pribadi dalam memaparkan informasi-informasi disekeliling saya yang bersifat universal tanpa ada kandungan hoax untuk mencari trafik.

Artikel bersifat umum memberi saya lebih sedikit percaya diri untuk menampilkan informasi dalam konsep konten hendak dipubikasikan dan ini saya akui tidak pernah kehabisan ide malah semakin terbangunnya gagasan-gagasan baru yang informatif.

Ternyata inilah blog yang saya harapkan meski perjalanan menyeberang lautan masih cukup jauh. 

Belum ada terlintas untuk mendaftarkan blog ke Adsense yang penting menulis sembari mencari tahu bagaimana membuat artikel ada di halaman depan google ini menjadi tujuan saya.

Waktu terus berlalu setahun sudah saya menulis berbagai refrensi informasi dan pada akhirnya 7 blogger Indonesia ini menjadi inspirasi saya untuk menjadi seorang blogger profesional yang bertanggung jawab. 

Oktober 2020 tanggal 22 saya mendaftarkan situs bidikdot ke Google Adsense dan 24 Oktober 2020 pendaftaran langsung diterima pihak Adsense dan siap menayangkan iklan.

Sungguh rasa yang tidak bisa diukur saat itu, dimana Adsense menerima situs saya menayangkan iklan mereka. Saya percaya hal yang sama pasti juga dirasakan oleh sahabat blogger untuk pertama kalinya diterima pengiklan nomor satu dunia itu.

Namun diterimanya blog/situs oleh Adsense bukan akhir dari sebuah perjuangan ternyata ini baru awal kita mecari pundi-pundi rupiah.

Sungguh mengenaskan, kecewa, ingin marah bahkan terlintas berhenti memublikasikan konten menjadi niat saya sebab dalam benak sudah lumayan banyak biaya kuota dikeluarkan sementara penghasilan perbulannya hanya mencapai Rp 30-60 ribu.

Tidak hanya itu waktu tenaga serta pikiran pun hampir tersita dalam mencari konsep artikel untuk diposting setiap hari.

Target mendapatkan gajian dari Adsense masih sangat jauh mungkin butuh 2 tahunan lagi bisa memecahkan angka Rp 1.300.000.

Meski demikian untunglah masih ada kesabaran menjadi penghambat saya untuk berhenti ngeblog. inilah kunci sampai hari ini yakni sabar.

Adakalanya mempertahankan konsistensi dalam menerbitkan konten sering jatuh bangun bahkan ada hampir 2 bulan saya tidak pernah membuat artikel dan parahnya lagi trafik langsung terjun bebas.

Beberapa tips seperti Cara Mengelola Blog agar Tidak Kehabisan Ide menjadi pola pertahanan admin agar dapat bertahan dibalik ketatnya algoritma yang diterapkan google.

Semua cerita unik admin ini adalah keistimewaan tersendiri menjadi blogger sejati agar cuan yang diinginkan dari konten yang kita publikasikan benar-benar sesuai diharapkan.

Lantas apa pengaruhnya bagi anda yang membacanya,

Tulisan ini tidak mengiktiarkan bahwa anda harus salut dan kasihan atau ibah untuk si penulis tetapi ada pesan moral yang hendak dibawa sebagai penyambung benang merah para blogger di Indonesia yaitu:

1.Menjadi Blogger itu Gampang-Gampang Susah

2.Mendapatkan Uang dari Situs Tidaklah Mudah.

Pengalaman dimasa pandemi sejak 2020 mencatatkan ada beribu bahkan jutaan blogger tanah air dan dunia secara umum tumbang dan rata-rata dari mereka adalah personal blogging.

Bagi blogger yang bertahan berkurangnya para pengguna internet yang mengurus situs atau web merupakan sebuah peluang manis karena tingkat persaingan makin berkurang.

Kayaknya perasaan tersebut perlu dibuang jauh-jauh alasannya ada pada pihak ke-3 menjadi penghalang yakni google.

Persyaratan scrip atau Algoritma yang diterapkan google akhir-akhir ini semakin mempersulit blog-blog pemula untuk dapat bertahan dan mengambil bagian kontennya berada di halaman muka mesin pencari. Bahkan artikel bidikdot dibeberapa kesempatan sulit dirayapi google.

Anda bisa menelusuri konten berikut mengenai Kenapa Artikel Tidak Muncul di Google

Apakah kecenderungan ini memberikan dampak buruk pada blogger pribadi? tentu tidak. Anda dapat melakukan beberapa kiat diantaranya 10 Cara Mumpuni Menaikan Traffic Blog Dan Bertahan di Halaman Depan Google.

Intinya menjalankan profesi anda di dunia online perlu namanya positive thinking apapun alasannya karena jiwa positif akan berbuah inovatif berkelanjutan.

Cerita yang saya bagikan ini merupakan sebuah korektif pada diri saya sendiri dan menyadari ternyata dunia ini cukup luas untuk dijangkau sendirian.

Namun dengan kerja keras puji Tuhan masih bisa konsen dan boleh beradaptasi meski saat ini situs-situs besar lebih dominan di mesin pencari.

Kesimpulannya sebagaimana diawal kalimat pembuka tadi bahwa orang mengenal apa yang kita kerjakan ketimbang dengan retorika kata-kata yang bagus padahal tanpa manfaat.

Menjadi blogger profesional sejatinya tidak sekedar memposting konten saja tetapi bagaimana keberhasilan kita mengedukasi serta mencerahkan orang-orang lewat konten yang kita bagi dan seterusnya menjadi kesaksian banyak orang itu akan jauh lebih baik.

Tetap semangat membuat postingan meski kita dihimpit dari berbagai arah oleh derasnya persaingan asal bisa bertahan itu sudah lebih dari cukup.


Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *