News  

Ini Pusat Ibu Kota Negara Baru yang Jadi Perbincangan Hangat Masyarakat

 

Sumber Gambar CNN Indonesia
Bidikdotcom Letak Ibu Kota Baru Indonesia diapit oleh 5 wilayah perkotaan masing-masing Sepaku, Tenggarong, Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara provinsi Kalimantan Timur.
Pada tahun 2019 lalu diperiode ke-2 Presiden Joko Widodo pada pidato kenegaraanya memenangkan pemilu Presiden menyampaikan bahwa saatnya Ibu Kota Negara (IKN) dipindahkan dan dilagi berpusat di tanah Jawa yang saat ini berpusat di DKI Jakarta.
Kini Pembangunan IKN digenjot pembangunannya meskipun banyak pihak termasuk masyarakat awam masih pesimis dengan rencana Presiden Jokowi
Pemindahan ibu kota baru ini menjadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia dengan masing-masing persepsi baik pro maupun kontra.
Sebagaimana amanat UU No.3 Tahun 2022 Presiden Joko Widodo pun menargetkan IKN resmi pindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur pada 16 Agustus 2024 dan pelaksanaan detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di ibu kota yang baru.
Ibu kota baru ini bernama Nusantara yang memiliki luas lahan 256.142 hektar dengan pembagian; kawasan inti IKN 56.180 hektar dan kawasan pengembangan 199.962 hektar.
Berpindahnya ibu kota negara baru di Kalimantan Timur diprediksi akan menjadi peradaban perekonomian baru Indonesia yang selama ini dipegang oleh pulau Jawa. Selain itu Nusantara juga akan menjadi iplementasi  wajah baru dalam dunia modal usaha dunia termasuk di Asia Tenggara.
Dengan menjadi tuan rumah Presidensi G20 akan memudahkan langkah Indonesia dalam mempromosikan wilayah pemerintahan baru sebagai wadah pemerataan pembangunan  baik sosial, budaya ekonomi dan keagamaan.
Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *